Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Presiden Jokowi Resmikan Papua Street Carnival, Puji Produk Milenial PYCH Binaan BIN
Oleh : Redaksi
Sabtu | 08-07-2023 | 08:04 WIB
A-JOKOWI-PAPUA.jpg Honda-Batam
Presiden Jokowi saat meresmikan pembukaan Papua Street Carnival di area Kantor Gubernur Papua, Kota Jayapura, Jumat (7/7/2023). (Foto: Net)

BATAMTODAY.COM, Jayapura - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembukaan Papua Street Carnival, yang berlangsung di area Kantor Gubernur Papua, Kota Jayapura, Jumat (7/7/2023).

Dalam acara bertema "Papua Extravaganza The East Great Spririt", Presiden Jokowi didampingi oleh Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Prof. Dr. Jenderal Polisi (Purn.) Budi Gunawan S.H., M.Si., dan Menparekraf Sandiaga Uno.

Saat memberikan sambutan, Jokowi memuji potensi yang dimiliki generasi muda Papua dan mengatakan bahwa dirinya sangat meyakini anak muda Papua akan melakukan lompatan besar. Apalagi, karya anak muda Papua Youth Creative Hub (PYCH), yang merupakan binaan BIN, dinilai luar biasa.

"Saya meyakini anak-anak muda Papua akan melakukan sebuah lompatan besar, bapak ibu kalau tidak percaya silakan masuk ke lokasi pameran dan melihat sendiri betapa yang namanya packaging produk-produk Papua, baik itu kopi, ikan asap, dan produk-produk lainnya," kata Presiden Jokowi.

Salah seorang pelaku wisata tur Cartensz Papua yang juga pendiri Yayasan Somatua, Maximus Tipagau, mengaku turut bangga dengan kehadiran Presiden Jokowi dalam acara tersebut. Menurutnya, kegiatan ini bagus untuk mengangkat talenta anak muda asli Papua.

"Karnaval ini bagus sekali untuk angkat talenta asli orang Papua yang menampilkan budaya masing-masing wilayah adat Papua, apalagi provinsi baru," tutur Maximus kepada media.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Sandiaga Uno mengungkapkan bahwa kerjasama BIN dengan Kemenparekraf merupakan bentuk gerak cepat Jokowi dalam merealisasikan salah satu permintaan muda mudi Papua, kakak Yunike, yang berharap Papua memiliki acara sekelas Jember Fashion Carnaval.

"Bersama BIN, kami Kemenparekraf berkolaborasi pada Papua Street Carnival. Ini bentuk dari gerak cepat bapak Presiden, agar Papua memiliki sekelas Jember Fashion Carnaval, dalam waktu 3 bulan desainer kita menyiapkan acara ini," kata Sandiaga.

Menurut Sandiaga, sejak PYCH diresmikan sudah banyak event-event yang diselenggarakan. Total pendapatan dari event itu mencapai Rp 2,6 miliar.

"Sejak diresmikan PYCH banyak event-event yang hadir, Papua Kopi Expo 6 ribu pengunjung 4 hari, kegiatan expo launching dan total pendapatan 3 bulan bisa di atas Rp 2,6 miliar. PYCH desainer yang telah membuat 94 kostum akan tampil nanti," ungkapnya.

Acara peresmian tersebut, juga turut dihadiri Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

Untuk diketahui, PYCH merupakan pusat penggegerak kreativitas anak muda Papua yang digagas dan dibina oleh BIN. Direncanakan, Papua Street Carnival akan menjadi kegiatan tahunan.

Editor: Dardani