Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Israel Dipastikan Tidak Lolos Kualifikasi

Mengejutkan! FIFA Tunjuk Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023
Oleh : Irawan
Sabtu | 24-06-2023 | 08:04 WIB
eric_gianini_infantino_b.jpg Honda-Batam
Ketua Umum PSSI Eric Thohir dan Presiden FIFA Gianni Infantino (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ada kabar mengejutkan datang dari FIFA. Induk sepak bola dunia itu resmi menunjuk Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

Seperti yang sudah diketahui, Indonesia seharusnya menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Turnamen ini sedianya digelar di lima kota di seluruh Indonesia sejak bulan lalu.

Namun FIFA resmi membatalkan status tuan rumah Indonesia tersebut karena satu dan dua hal. Sebagai gantinya, Argentina ditunjuk menjadi tuan rumah turnamen tersebut.

FIFA baru-baru ini membuat kejutan lagi. Indonesia resmi ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. "Piala Dunia U-17 tahun ini akan digelar di Indonesia," tulis FIFA dalam pernyataan resmi mereka.

Turnamen ini awalnya direncanakan digelar di Peru. Namun kemudian status tersebut dicabut karena Peru tidak siap dengan infrastruktur.

Piala Dunia U-17 2023 rencananya digelar pada 10 November hingga 2 Desember. Namun sejauh ini FIFA belum merilis tanggal pasti pelaksanaan Piala Dunia U-17 2023 setelah Indonesia berstatus sebagai tuan rumah.

Piala Dunia U-17 terakhir kali digelar pada 2019. Sejatinya turnamen ini merupakan edisi dua tahunan namun edisi 2021 terpaksa ditiadakan lantaran pandemi Covid-19.

Pada edisi terakhir, Brasil yang juga berstatus sebagai tuan rumah sukses jadi juara. Brasil mengalahkan Meksiko dengan skor 2-1 di partai final

Indonesia resmi jadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 dan dalam turnamen tersebut Israel dipastikan tidak tampil karena tidak lolos kualifikasi.

Israel yang berlaga di zona UEFA gagal lolos ke Piala Eropa U-17 2023 yang juga jadi kualifikasi Piala Dunia u-17 2023.

Lantaran mereka tak tampil di Piala Eropa U-17 2023, peluang mereka untuk melaju ke Piala Dunia U-17 2023 menjadi tertutup.

Dalam kualifikasi menuju Piala Eropa U-17, Israel sempat berhasil lolos ke elite round. Namun di babak elite round, Israel tidak bisa bersaing dengan Serbia, Bosnia Herzegovina, dan Belarusia sehingga harus puas jadi juru kunci.

Nama Israel cukup jadi sorotan terkait status tuan rumah Indonesia di ajang di bawah naungan FIFA. Sebelumnya, status tuan rumah Piala Dunia U-20 milik Indonesia yang sedianya digelar pada Mei lalu dicabut oleh FIFA jelang waktu pelaksanaan.

Penolakan terhadap Israel yang disuarakan secara terbuka oleh beberapa pejabat publik diyakini punya andil besar di balik keputusan yang diambil oleh FIFA. PSSI sudah berusaha keras untuk meyakinkan FIFA agar membatalkan keputusan tersebut namun FIFA sudah mengambil keputusan dengan bulat.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir juga langsung berangkat menemui FIFA terkait pencabutan status tuan rumah tersebut. Berkat pendekatan dan lobi tersebut, Indonesia bisa terhindar dari ancaman sanksi berat lantaran gagal jadi tuan rumah kompetisi FIFA.

Beberapa bulan setelah pencabutan status tuan rumah tersebut, Indonesia resmi ditunjuk FIFA sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Turnamen Piala Dunia U-17 ini merupakan kelompok umur satu tingkat di bawah Piala Dunia U-20.

Tim-tim yang punya traqdisi sepak bola kuat dan sudah memastikan diri lolos ke Piala Dunia U-17 2023 adalah Inggris, Prancis, Jerman, Argentina, dan Brasil

Editior: Surya