Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bangun Kolektif Ideologi Pancasila

Sturman Panjaitan Ajak Masyarakat Kepri Gelorakan Semangat dan Pemikiran Bung Karno
Oleh : Aldy Daeng
Minggu | 18-06-2023 | 17:04 WIB
sturman_panjaitan_b.jpg Honda-Batam
Anggota DPR RI Sturman Panjaitan asal Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dalam perhelatan Bulan Bung Karno untuk wilayah Kota Batam pada 16 dan 17 Juni 2023, yang berlangsung di Rumah Aspirasi Sturman Panjaitan, Kompleks Ruko Nagoya Point Mega Legenda Batam Center, Sabtu (16/6/2023) (Foto: Aldy Daeng)

BATAMTODAY.COM, Batam - Anggota DPR RI Sturman Panjaitan asal Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mengajak masyarakat membangun secara kolektif ideologi Pancasila dengan menggelorakan semangat dan pemikiran sang proklamator Soekarno.

Hal itu disampaikan oleh Sturman dalam perhelatan Bulan Bung Karno untuk wilayah Kota Batam pada 16 dan 17 Juni 2023, yang berlangsung di Rumah Aspirasi Sturman Panjaitan, Kompleks Ruko Nagoya Point Mega Legenda Batam Center, Sabtu (16/6/2023)

Sturman menyebutkan, salah satu tujuan dari kegiatan Bulan Bung Karno 2023 ini adalah untuk membangun memori kolektif terhadap pentingnya Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia dan dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selian itu, dengan semangat membangun memori kolektif seluruh elemen masyarakat untuk menggelorakan kembali semangat dan pemikiran Bung Karno. Hal tersebut merupakan cerminan dalam mengabdikan diri pada kepentingan rakyat, bangsa dan egara.

"Sebagai proklamator dan Presiden pertama, Bung Karno mewariskan pemikirannya kepada bangsa Indonesia. Ajaran pokok yang selalu didengung-dengungkan hingga menjelang wafatnya adalah persatuan bangsa," ujar Sturman.

Dengan mengamalkan sila ke-5 dari Pancasila, Sturman melanjutkan, kegiatan Bulan Bung Karno di Kota Batam, diisi dengan Bakti sosial, diantaranya, penyerahan paket sembako untuk kalangan lansia, lomba memasak mustika rasa. yang mana pesertanya adalah Emak-emak dari berbagai wilayah di Kota Batam. Selain itu, lomba pidato dengan peserta siswa/i, SMA/SMK yang dikategorikan kalangan generasi milenial juga turut memeriahkan kegiatan tersebut.

"Alasan memilih generasi milenial sebagai peserta, hal ini dikarenakan generasi muda punya jalan fikir yang luar biasa. Mereka punya ide dan gagasan yang luar biasa untuk membantu menggelorakan Pancasila. Sejarah Pancasila, Perjuangan kemerdekaan, Pancasila sebagai dasar negara, Pancasila sebagai pemersatu bangsa, serta aktualisasi Pancasila itu sendiri," terang Sturman.

Dipaparkan Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PDIP ini, Gelora Bung Karno dipilih sebagai tempat pelaksanaan puncak acara Bulan Bung Karno. Karena tempat tersebut mempunyai sejarah penting tentang Bung Karno.

PDIP akan mengadakan puncak peringatan Bulan Bung Karno pada tanggal 23 Juni 2023 dengan menghadirkan ratusan ribu masyarakat Indonesia dari berbagai penjuru nusantara" Pungkasnya.

"Ini merupakan suatu tempat yang sangat monumental yang menggelorakan suatu semangat dan tempat ini sangat bersejarah dan juga melambangkan suatu visi yang begitu besar dari Bung Karno Proklamator dan Bapak Besar Bangsa Indonesia," paparnya

Ditambahkannya, Juni disebut sebagai Bulan Bung Karno karena memuat beberapa tanggal penting bagi Soekarno, mulai dari tanggal kelahiran, tanggal wafat, hingga lahirnya Pancasila yang diprakarsai oleh Soekarno.

"Kelahiran Pancasila sendiri jatuh pada tanggal 1 Juni, kelahiran Bung Karno pada 6 Juni 1901, dan wafat pada 21 Juni 1970." Hal ini disampaikan oleh Mayjen TNI Mar (Purn) Sturman Panjaitan SH," pungkasnya.

Diketahui, peserta lomba memasak mustika rasa terdiri dari 10 kelompok yang berasal dari Tanjung Piayu, Sei Beduk, Bengkong, Pulau Setokok, Batu Aji dan Komunitas Peduli Lingkungan Hidup Batam yang menjadi binaan Sturman Panjaitan.

Sementara itu, puncak pelaksanaan Bulan Bung Karno 2023 akan diselenggarakan pada tanggal 24 Juni 2023 di Stadion Gelora Bung Karno.

Editor: Surya