Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

DPR Komitmen Majukan UMKM dan Pariwisata Lokal, Media Diajak Kolaborasi
Oleh : Irawan
Minggu | 11-06-2023 | 08:32 WIB
gathtering_malang_dpr_b.jpg Honda-Batam
Forum Komunikasi dan Sosialisasi Kinerja DPR RI dengan Koordinatoriat Wartawan Parlemen di Malang, Jumat (9/6/2023) (Foto: BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Malang - DPR RI berkomitmen mendorong potensi sumber daya lokal dalam menjaga dan meningkatkan pertumbuhan perekonomian daerah.

Untuk mewujudkannya perlu dukungan dari berbagai pihak termasuk media massa yang menjadi bagian dari supporting system dari 3 fungsi yang dimiliki DPR RI yaitu Fungsi Pengawasan, Fungsi Legislasi dan Fungsi Anggaran.

"Tentu peran media dalam memberitakan kebutuhan masyarakat ini, untuk mendorong ekonomi sangatlah penting," ucap Deputi Persidangan Sekretariat Jenderal DPR RI Suprihartini, S.IP saat membuka Forum Komunikasi dan Sosialisasi Kinerja DPR RI dengan Koordinatoriat Wartawan Parlemen di Malang, Jumat (9/6/2023).

Lebih jauh, Suprihartini mengatakan berbagai aspirasi yang ditampung DPR akan menjadi acuan bagi dalam mendorong kerja pemerintah termasuk pemerintahan di daerah agar kinerjanya menjadi lebih baik.

"Seperti bagaimana kita akan mendorong sektor UMKM dan juga pariwisata lokal, agar seluruh sektor ini bergerak bagi kepentingan dan kesejahteraan rakyat," imbuhnya.

Suprihartini berharap DPR RI dapat berkolaborasi dan bersinergi dengan media massa dalam mendorong pertumbuhan ekonomi lokal di kedua sektor tersebut.

Ia juga berharap kolaborasi tersebut bersifat timbal balik dan saling menyokong satu sama lain.

"Peran media sekali lagi sangat penting, dalam memberitakan bagaimana DPR ini bekerja. Juga agar publik mengetahui apa yang menjadi konsen bagi DPR dalam melakukan pengawasan terhadap jalannya pemerintahan," tegas Suprihartini.

Sedangkan Kepala Biro Pemberitaan Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI Indra Pahlevi mengingatkan pentingnya kolaborasi antara DPR RI dengan Koordinatoriat Wartawan Parlemen (KWP) sebagai supporting system DPR RI. Terutama, dalam menyiarkan informasi kegiatan kedewanan di media massa.

"Mengingat, media dapat menjembatani informasi, antara anggota dewan dengan konstituennya. Media massa juga dapat menjadi wadah, untuk melayani kebutuhan masyarakat terhadap informasi, serta penyalur berbagai pesan dan aspirasi rakyat," kata Indra.

Indra menegaskan sebagai lembaga legislatif, DPR RI memiliki tugas mengawasi mitranya, yakni pemerintah dalam mendorong kesejahteraan seluruh masyarakat di seluruh sektor ekonomi dan seluruh lapisan masyarakat.

DPR RI juga aktif dalam menyampaikan aspirasi masyarakat yang berkaitan dengan memajukan UMKM dan bisnis pariwisata lokal, dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

"Di tengah upaya positif dan kegiatan kedewanan yang langsung menyentuh masyarakat, ataupun gagasan para legislator dalam memajukan sektor ini, tentu perlu digaungkan oleh teman-teman media agar diketahui publik luas," pungkasnya.

Acara yang digelar hingga Minggu (11/6/2023) itu diisi dengan diskusi bertajuk 'Peran Aktif Media dan DPR RI dalam Menumbuhkan Ekonomi Lokal melalui UMKM dan Pariwisata', serta mengeksplore kegiatan UMKM dan tempat-tempat wisata se-Malang Raya.

Hadir dalam kegiatan itu Krisdayanti, anggota DPR RI dari daerah pemilihan Jawa Timur V meliputi sebagian besar kawasan Malang Raya di Jawa Timur, yaitu Kabupaten Malang, Kota Batu, dan Kota Malang.

Selain Krisdayanti, acara juga dihadiri Anggota DPRD Kabupaten Malang Tantri Bararoh, serta Kepala Dinas Komunikasi dan Iinformasi Kota Malang Nur Widiyanto.

Editor: Surya