Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Krisdayanti Minta Media tak Hanya Sosialisasikan Kinerja Parlemen, Tapi juga Harus Angkat UMKM dan Pariwisita di Daerah
Oleh : Irawan
Sabtu | 10-06-2023 | 08:04 WIB
krsidayanti_b.jpg Honda-Batam
Anggota Komisi IX DPR RI Krisdayanti saat menjadi keynote speach cara Forum Komunikasi dan Sosialisasi Kinerja Anggota Dewan yang diselenggarakan Biro Pemberitaan Parlemen Setjen DPR RI bersama dengan Koordinatoriat Wartawan Parlemen (KWP) di Hotel Grand Mercure, Malang, Jumat (9/5/2023) sore (Foto: BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Malang - Anggota Komisi IX DPR RI Krisdayanti dari menyambut baik adanya forum yang mensosialisaikan kerja parlemen hingga ke daerah-daerah di Tanah Air, khususnya di Kota/Kabupaten Malang, serta dan Kota Batu, Jawa Timur.

Kegiatan ini diyakini bisa menjadi ajang untuk mengeksplore Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), serta pariwisata di Malang dan sekitarnya.

Hal ini disampaikan Krisdayanti saat menjadi keynote speech acara Forum Komunikasi dan Sosialisasi Kinerja Anggota Dewan yang diselenggarakan Biro Pemberitaan Parlemen Setjen DPR RI bersama dengan Koordinatoriat Wartawan Parlemen (KWP) di Hotel Grand Mercure, Malang, Jumat (9/5/2023) sore.

Dalam fokus diskusi bertajuk 'Peran Aktif Media dan DPR RI dalam Menumbuhkan Ekonomi Lokal melalui UMKM dan Pariwisata', Krisdayanti mengatakan, kontribusi UMKM daerah terhadap perekonomian nasional cukup signifikan.

Namun demikian untuk mengembangkan UMKM lokal agar naik kelas cukup berat tantangannya.

Ia sendiri mengaku telah membina sekitar 400 UMKM se-Malang Raya, tetapi tidak semuanya bisa survive, sehingga perlu mendapat bimbingan.

"Ide forum komunikasi ini sangat menarik. Dan saya juga terkesan dengan apa yang disampaikan dalam sambutan tadi, soal bagaimana rekan-rekan media dapat pula jadi supporting system bagi DPR RI. Sehingga tidak hanya Sekretariat Jenderalnya saja, tapi rekan-rekan media pun bisa mengambil peran itu," kata Krisdayanti.

Menurut dia, tantangan lainnya soal UMKM daerah adalah akses permodalan dan kemampuan sumber daya manusia (SDM).

"Masing-masing UMKM ini, kita beri modal sekitar Rp20 jutaan. Dengan bantuan ini diharapkan UMKM bisa terbantu," ujarnya.

Ia menambahkan bahwa UMKM daerahnya lebih banyak menawarkan produk makanan dalam bentuk kemasan, buah-buahan dan kulineran.

"Produk khas malang yang dikembangkan mulai keripik apel, keripik nangka, keripik pisang, mangga, rambutan dan lain lain," paparnya.

Krisdayanti mengaku tetap semangat untuk mendorong agar UMKM daerahnya bisa naik kelas. "Kita sama-sama bertekad untuk meningkatkan kreativitas wirausaha dan memaksimalkan analisis secara detail potensi-potensi UMKM yang ada di masyarakat," katanya.

Karena itu, dengan terselenggaranya acara ini, maka setiap pihak terkait seharusnya bisa mengambil perannya masing-masing dalam memajukan kedua sektor tersebut.

Poitikus PDIP menekankan Parlemen sebagai lembaga representasi rakyat tak pernah berhenti mendorong segala upaya untuk menyejahterakan masyarakat luas.

"Selain kota ini dipandang berhasil, perlu pula digali apa saja yang patut diperkuat lagi untuk menumbuhkembangkan geliat ekonomi masyarakat tersebut," ujarnya.

Di akhir sambutannya, legislator daerah pemilihan (dapil) Malang Raya ini juga berharap agenda serupa bisa digalakkan ke daerah lain.

Kegiatan ini penting untuk mengenalkan agenda kedewanan di dapil masing-masing anggota.

"Hal ini tidak hanya saja bisa mengangkat UMKM dan pariwisatanya, tetapi juga bisa melibatkan anggota dewan di dapil untuk lebih banyak bercerita tentang kekuatan-kekuatan di dapilnya," kata dia.

Acara Forum Komunikasi dan Sosialisasi Kinerja Anggota Dewan ini juga dihadiri Deputi Bidang Persidangan Sekretariat Jenderal DPR RI Suprihartini; Kepala Biro Pemberitaan Parlemen Indra Pahlevi, Ketua KWP DPR RI, Ariawan.

Sementara itu, pada sesi diskusi acara ini hadir Kepala Dinas Kominfo Kota Malang Muhammad Nur Widianto; dan Anggota DPRD Kabupaten Malang Tantri Bararoh sebagai narasumber.

Editor: Surya