Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jokowi Ucapkan Selamat Waisak, Sebut Para Biksu dapat Sambutan Hangat Masyarakat
Oleh : Redaksi
Minggu | 04-06-2023 | 13:04 WIB
jokowi_waisak_b.jpg Honda-Batam
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat Hari Raya Waisak 2567 kepada segenap umat Buddha yang merayakannya. Ia juga menyinggung pelaksanaan ritual Thudong yang dilakukan para biksu dalam beberapa pekan terakhir.

Jokowi menyebut ritual Thudong yang melibatkan sejumlah biksu yang berjalan kaki ribuan kilometer menuju Candi Borobudur di Magelang, Provinsi Jawa Tengah mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat Indonesia.

"Para biksu ini melakukan ritual Tudhong dari Thailand, Malaysia, Singapura, sampai ke Indonesia dan mendapatkan penerimaan yang hangat dan ramah di sepanjang jalan," demikian keterangan dari unggahan di akun Instagram @jokowi, Minggu (4/6/2023).

Jokowi mengunggah gambar ilustrasi sejumlah biksu yang berjabat tangan hangat dengan umat agama lain. Jokowi selanjutnya berharap perayaan Waisak kali ini mampu memberikan kebahagiaan bagi semua makhluk.

"Kepada saudara-saudaraku Umat Buddha, selamat memperingati Hari Raya Waisak," lanjut Jokowi.

Dalam menyambut Hari Raya Waisak 2567 ini, sebanyak 32 bhante atau biksu melakukan ritual Thudong jalan kaki dari Thailand ke Candi Borobudur.

Mereka akan menghadiri perayaan hari Waisak 2567 BE (Buddhist Era) pada hari ini, Minggu (4/5/2023). Mereka sebelumnya tiba di Magelang pada Selasa (30/5/2023) pukul 18.00 WIB.

Para biksu memulai perjalanan ritual Thudong sejak 25 Maret 2023 dengan rute Thailand-Malaysia-Singapura-Indonesia.

Thudong merupakan perjalanan religi yang pelaksanaannya mesti dilakukan dengan berjalan kaki. Ritual jalan kaki ini diketahui telah menjadi tradisi sejak ratusan tahun lalu.

Para biksu ini masuk Indonesia dari Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Rute jalan kaki 32 biksu ini yakni Batam-Jakarta-Bekasi-Cikarang-Karawang-Cikampek.

Kemudian ke Pamanukan-Kandanghaur-Jatibarang-Cirebon-Losari-Tegal-Pemalang-Pekalongan-Banyuputih-Kendal-Semarang-Ambarawa-Magelang.

Total jarak perjalanan yang ditempuh 32 biksu ini diperkirakan sejauh 2.600 Km dan tiba di Magelang pada Selasa (30/5/2023) pukul 18.00 WIB.

Editor: Surya