Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lagi, Panwas Temukan 655 DPS Ganda di Tanjungpinang
Oleh : ah/dd
Jum'at | 31-08-2012 | 09:07 WIB

TANJUNGPINANG, batamtoday - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Tanjungpinang kembali menemukan 655 Daftar Pemilihan Sementara (DPS) ganda di tingkat kelurahan.


Indikasi adanya pemilih ganda itu, dikatakan Ketua Panwas Tanjungpinang Mas Furqon disebabkan adanya persamaan nama, alamat, tempat tanggal lahir, serta sejumlah data pribadi lainnya pada DPS sebagaimana terdaftar di sejumlah PPS.

"Kami menemukan ada sekitar 655 pemilih ganda di sejumlah PPS kelurahan, hal itu dibuktikan dengan kesamaan nama, tempat tanggal lahir serta identitas pribadi lainnya, dalam dua wilayah atau PPS berbeda di Tanjungpinang," jelasnya.  

Selain telah memberitahukan dugaan DPS ganda ini pada KPU, dalam melakukan cross check dan investigasi, kata Mas Furqon, Panwas telah melaksanakannya sesuai dengan ketentuan/prosedur UU yang berlaku dengan tujuan agar dapat menghindari kecurangan dalam pelaksanan Pilwako Tanjungpinang.

"Kami akan terus melakukan pemantauan atas sejumlah nama-nama DPS yang diindikasikan ganda dan selanjutnya akan dilaporkan dalam rapat penetapan Daftar Pemilihan Tetap (DPT) yang akan dihadiri sejumlah tim sukses, LSM pendukung, PPS, PPDP di hadapan KPU," ujarnya.

Hal itu dimaksudkan, agar semua dapat mengetahui serta sama-sama melakukan cross check kebenaran nama-nama yang di-blacklist terhdap pemilih ganda, yang akan diserahkan pada saat pemukathiran data nama DPS untuk dijadikan DPT.

"Kami mengharapkan PPS dapat lebih teliti, dalam memberikan laporan kepada KPU, Panwas dan para tim sukses agar tidak menimbulkan polemik nantinya dalam pelaksanaan Pilwako," pungkasnya.