Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Peringatan May Day 2023, Buruh di Karimun Gelar Bakti Sosial dan Dialog Interaktif
Oleh : Freddy
Senin | 01-05-2023 | 13:44 WIB
May-Day-Karimun.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Bupati Aunur Rafiq saat menyerahkan potongan tumpeng kepada salah seorang perwakilan buruh di Kabupaten Karimun, untuk memperingati May Day 2023, Senin (1/5/2023). (Foto: Freddy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day tahun 2023 di Kabupaten Karimun diisi dengan kegiatan bakti sosial, seperti donor darah, pembagian sembako dan dialog interaktif yang dilaksanakan di Gedung nasional Tanjungbalai Karimun, Senin (1/5/2023).

Peringatan May Day ini dihadiri Bupati Karimun, Aunur Rafiq. Di mana, menurutnya May Day yang diperingati setiap 1 Mei merupakan hari istimewa bagi para buruh sedunia.

"Kita bisa lihat dari sejarah, beberapa tahun lalu seluruh buruh di dunia mengambil sikap terkait jam kerja dan berlanjut terus hingga sampai ditetapkannya 1 Mei sebagai Hari Buruh Internasional, yang diperingati pada hari ini," kata Aunur Rafiq.

Lanjutnya, Pemerintah Kabupaten Karimun memberikan apresiasi kepada para buruh karena tidak menggelar aksi demo atau turun ke jalan. Tetapi, May Day kali ini diisi dengan kegiatan yang positif seperti pertandingan olahraga sepak bola mini, donor darah, pembagian paket sembako dan dialog interaktif.

"May Day hari ini sesuatu yang patut diapresiasi dan merupakan hal yang luar biasa," tutur Aunur Rafiq.

Tak lupa, Bupati juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada perusahaan, pengusaha dan serikat pekerja serta pekerja yang telah berkolaborasi dalam melaksanakan kegiatan positif dalam memperingati May Day tahun 2023 ini. "Alhamdulillah peringatan May Day di Karimun diperingati dengan penuh kedamaian, kebersamaan dan kekeluargaan," ucapnya.

Menurut Bupati, perusahaan, pengusaha dan pengusaha serta pekerja harus saling menguntungkan serta saling membutuhkan satu sama lainnya, Jika bisa, para pekerja bisa menjadikan tempat kerjanya sebagai rumah kedua, demikian juga dengan pengusaha, bisa menjadikan pekerjanya sebagai bagian dari keluarga dan pemerintah akan berada di tengahnya.

Sementara Kadisnaker dan Perindustrian Karimun, Ir Ruffindy Alamsjah, menyebutkan pada May day tahun 2023 ini mengambil tema 'Merajut Kebersamaan di Hari Yang Fitri'.

Ia menyampaikan kegiatan May day tahun ini sedikit berbeda dibandingkan tahun sebelumnya dan kebetulan pada bulan Febuari 2023 kemarin sudah direncanakan bersama antara pengusaha, serikat pekerja untuk mengisi kegiatan di peringatan Hari Buruh Internasional tahun 2023 ini.

"Alhamdulillah, kalangan pengusaha dan serikat pekerja setuju pada May Day tahun ini diisi dengan kegiatan sosial maupun kegiatan yang bersifat positif seperti kegiatan mini soccer, donor darah, pembagian paket sembako dan dialog interaktif," jelas Ruffindy Alamsjah.

Turut hadir dalam Peringatan May Day 2023 ini, Ketua DPRD Karimun, Yusup Sirat; Sekda Karimun, Muhammad Firmansyah; FKPD Kabupaten Karimun; Kepala BPJS TK Cabang Batam; APINDO Karimun; Kadin Karimun, unsur serikat pekerja serta warga masyarakat yang menerima bantuan sembako.

Pada peringatan May Day ini, Bupati Karimun, Aunur Rafiq menyiapkan hadiah berupa uang sebesar Rp 500 ribu kepada setiap pekerja yang bisa menjawab pertanyaan yang ditanyakan oleh Bupati, Ketua DPRD, Kapolres dan Perwakilan Kejari Karimun.

Peringatan May Day ditutup dengan dialog interaktif yang diikuti para perwakilan serikat pekerja dan pemerintah serta BPJS Ketenagakerjaan.

Editor: Gokli