Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kegiatan Produksi PT HWG Kembali Normal
Oleh : kli/dd
Rabu | 29-08-2012 | 12:02 WIB
jonatan-sinaga.gif Honda-Batam

PKP Developer

Jonathan Sinaga, manajer HRD PT HWG.

BATAM, batamtoday - Pasca penandatanganan kesepakatan bersama antara buruh dengan pihak manajemen PT Ho Wah Genting, Tanjunguncang, aktivitas produksi kembali normal. Buruh yang melakukan aksi mogok sudah masuk kerja seperti biasa, Selasa (29/8/2012) pagi.


Seperti berita sebelumnya, tujuh poin kesepakatan bersama sepertinya dapat diterima kedua belah pihak. Hal ini dapat menjadi pelajaran bagi perusahaan-perusahaan lain, perlunya komunikasi yang baik antara pengusaha dengan buruh.

Jonathan Sinaga, manajer HRD PT HWG mengatakan kesepakatan bersama antara pihak buruh dengan menajemen akan mereka jalankan sebaik mungkin. Namun, dia juga berharap supaya buruh tak lagi melakukan aksi-aksi yang dapat merugikan perusahaan termasuk melanggar kesepakatan bersama yang sudah ditandatangani.

"Kita akan jalankan perjanjian/kesepakatan bersama itu sebaik mungkin, dan kita juga berharap hal yang sama dengan buruh," jelasnya.

Saat ini, kata Jonathan semua buruh yang melakukan aksi mogok beberapa hari sebelumnya sudah masuk kerja dan aktivitas produksi di perusahaan tersebut sudah berjalan normal.

"Kita berharap mereka dapat kerja seperti dulu mengingat orderan yang semakin bertambah," ujarnya.

Perselisihan buruh dengan pengusaha seperti yang pernah diberitakan batamtoday di beberapa perusahaan lain, PT HWG termasuk perusahaan yang cepat menyelesaikan permasalahan. Terbukti, hanya melakukan dua kali perundingan kesepakatan sudah tercapai. Sementara, di perusahaan lain yang sudah pernah terjadi terkesan berlarut-larut bahkan sempat menimbulkan insiden kekerasan.