Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tunjuk Ganjar Pranowo Jadi Capres PDIP, Pengamat: Bu Mega Realistis Hadapi Pilpres
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 21-04-2023 | 19:16 WIB
PDIP-Realistis2.jpg Honda-Batam
Pengumuman Ganjar Pramono jadi Capres PDIP. (detik.com)

BATAMTODAY.COM, Surabaya - Ketum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri akhirnya resmi menunjuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (Capres) 2024. Mandat Mega kepada Ganjar ini dinilai realistis.

Pengamat Politik Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Surokim Abdussalam menyebut, Megawati sangat berhitung cermat terkait Pilpres 2024.

"Terkonfirmasi hari ini Bu Mega tidak menyiapkan skenario gimik antara panasnya relasi Ganjar dengan Puan Maharani. Tapi Bu Mega realistis dengan hitung-hitungan matematika pilpres," jelas Surokim kepada detikJatim, Jumat (21/4/2023).

Surokim menyebut Megawati punya pengalaman panjang dalam merekomendasikan kandidat, baik di pilpres maupun di pilkada. Dengan pengalaman itu, Megawati disebutnya sangat realistis dalam konteks pemilu.

"Jadi Bu Mega sangat memperhatikan peluang elektabilitas dan peluang keterpilihan kandidat. Mbak Puan akan ditempatkan pada posisinya yang lebih pas lagi tanpa menganggu kepentingan PDIP untuk hattrick pilpres," jelasnya.

Lebih lanjut Surokim menjelaskan pilihan yang paling realistis untuk PDIP memenangkan Pilpres 2024 nanti memang lebih terbuka di figur Ganjar Pranowo.

"Memilih capres dari kader internal yang punya elektabilitas tinggi dan kompetitif, itu pilihannya sejauh ini ada di Ganjar. Terkait pasang surut relasi Ganjar dengan Puan memang itu menjadi bagian dari dinamika pendukung yang ada di internal partai," ungkapnya.

"Ya memang pasang surut hubungan Ganjar dengan Puan ya bagian dari gim untuk berlomba menguatkan elektabilitas dan harus realistis bahwa Puan masih ketinggalan jauh dengan Ganjar dan belum kompetitif untuk pilpres 2024 jika dibandingkan dengan kandidat yang lain," lanjutnya.

Peneliti Senior SSC ini juga menyebut pengumuman capres PDIP oleh Megawati momentumnya sangat mengagetkan.

"Kalau kandidatnya sudah banyak diduga sebelumnya. Mega memang luar biasa real king maker bisa realistis berhitung matematika pilpres dan saya pikir pencapresan ganjar ini akan punya cottail effect pada PDIP," tukas Surokim.

Sumber: detik.com
Editor: Yudha