Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jenazah A Chui Tiba di Batam Malam Tadi
Oleh : hz/dd
Selasa | 28-08-2012 | 10:07 WIB

BATAM, batamtoday - Setelah tiga hari terkatung-katung di Singapura, akhirnya jenazah Suhardi Tan alias A Chui (26) sampai juga ke Batam dengan menggunakan speed boat Bintan Jaya I yang dicarter khusus melalui Pelabuhan Telaga Punggur, Senin (27/8/2012) sekitar pukul 20.30 WIB.


Jenazah korban baru bisa dibawa ke Batam setelah pihak keluarga dan dibantu KBRI di Singapura melengkapi seluruh dokumen-dokumen korban, dikarenakan dokumen milik korban hilang pada saat peristiwa perampokan dan pembunuhan terjadi.

"Selain paspor milik korban yang hilang, keterlambatan pemulangan jenazah dikarenakan kantor KBRI tutup pada hari Minggu dan baru pada hari Senin siang seluruh dokumen bisa dilengkapi," ujar Amat Tantoso, perwakilan keluarga kepada wartawan.

Tangis haru sanak keluarga korban yang hampir memenuhi areal rumah duka langsung pecah. Bahkan saat peti jenazah korban dibawa ke areal kremasi, tidak sedikit dari sanak dan saudara korban yang berusaha ikut mengangkat peti jenazah korban

Terkait kejadian yang menimpa Acui saat menukarkan mata uang asing ke Singapura, lanjut Amat, Singapura tidak lagi negara yang aman bagi pengusaha Indonesia. Untuk itu,  Amat meminta kepolisian Singapura bisa secepatnya mengungkap dan menangkap pelaku perampokan tersebut.

"Kalau tidak ada jaminan dari negara Singapura, pengusaha mata uang asing di Batam akan merasa ketakutan ke Singapura untuk kembali menukarkan uang asing. Kami akan berpikir dua kali mau ke Singapura lagi, artinya Singapura bukan negara yang aman lagi," pungkasnya.