Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jokowi Ucapkan Selamat Paskah bagi Umat Kristiani
Oleh : Redaksi
Minggu | 09-04-2023 | 13:04 WIB
paskah_ilustrasi.jpg Honda-Batam
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat hari raya Paskah bagi umat Kristiani yang merayakan di Indonesia. Jokowi membagikan ucapannya itu melalui unggahannya di media sosial.

"Saudara-saudara umat Kristiani yang tengah bersukacita, selamat memperingati Hari Raya Paskah 2023," tulis Presiden Jokowi di Instagram resminya @jokowi, Minggu (9/4/2023). Unggahan serupa juga ditulis Jokowi pada akun Facebook dan Twitter resminya.

Dalam postingan tersebut, Jokowi juga mengunggah gambar kartun dirinya yang mengucapkan salam kepada sejumlah anak-anak dan umat gereja. Tampak di bawah foto tulisan "Selamat Memperingati Hari Raya Paskah 2023".

Dalam gambar tersebut tampak Presiden mengenakan kemeja berwarna putih. Sementara anak-anak dalam karikatur tersebut tersenyum gembira menghampiri sosok Jokowi.

Sebelumnya, Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) juga mengunggah video yang berisi ucapan selamat Paskah dari beberapa pimpinan berbagai agama di Indonesia.

Mereka di antaranya Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta Prof Dr KH Nasaruddin Umar, Ketua Umum Parisada Hindu Dharma Indonesia Mayor Jenderal (Purn) Wisnu Bawa Tenaya, Sekretaris Jenderal Perwakilan Umat Buddha Indonesia YM Bhikku Sannano Darmawan, dan Ketua Umum Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia Xs Ir Budi S Tanuwibowo.

Puncak Pekan Suci

Sementara itu, ribuan umat Katolik merayakan puncak Pekan Suci dengan Misa Paskah di Gereja Katedral, Jakarta Pusat pada Minggu (9/4/2023). Misa Paskah Gereja Katedral 2023 dibagi menjadi 4 jadwal ibadah.

Pertama, Misa Paskah pukul 06.00 WIB yang diikuti sekitar 800 umat. Kedua, Misa Paskah Pontifikal pukul 08.30 WIB yang digelar secara hybrid online dan on-site dengan jumlah jemaat datang ke gereja sekitar 2.500 orang.

Ketiga, Misa Paskah Pagi Keluarga akan digelar pukul 11:00 WIB secara offline. Terakhir, Misa Paskah Sore akan dilaksanakan secara hybrid pukul 16:30 WIB.

Humas Gereja Katedral, Susyana Suwadie mengatakan Misa Pontifikal merupakan misa khusus yang hanya diselenggarakan saat ibadah Natal dan Paskah. Misa ini dipimpin langsung oleh Uskup Keuskupan Agung Jakarta (KAJ), Kardinal Ignatius Suharyo.

Adapun dalam perayaan Paskah tahun ini, Keuskupan Agung Jakarta mengambil tema "Peran Serta Kita Dalam Kesejahteraan Bersama".

"Tema Paskah pada tahun ini mengikuti tema besar arah dasar Keuskupan Agung Jakarta yang ditentukan dari 2022 hingga 2026, yang mengambil tema besar mengajak semua umat Katolik terutama di Keuskupan Agung Jakarta untuk mengasihi, semakin peduli, dan semakin bersaksi," tutur Susyana di Gereja Katedral pada Minggu (9/4/2023).

Ibadah Misa Paskah di Katedral Jakarta berlangsung dengan hikmat. Misa Paskah Pontifikal dipimpin langsung oleh Bapak Kardinal Ignatius Suharyo dan diikuti Kuria KAJ.

Sebelum memasuki gedung gereja, dilakukan pengecekan tas. Gereja Katedral juga mengingatkan imbauan menjaga protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker.

Umat yang mengikuti misa di dalam gereja perlu melakukan registrasi secara daring terlebih dahulu dengan kuota terbatas. Sementara umat yang tidak melakukan pendaftaran dapat mengikuti misa di tenda yang telah disediakan dan di Plaza.

Editor: Surya