Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemko Batam Gelar Pasar Murah Jelang Lebaran 2023, Ini Jadwal dan Tempatnya
Oleh : Aldy Daeng
Senin | 03-04-2023 | 16:12 WIB
01234_pasar-murah-batam-01.jpg Honda-Batam
Sekda Batam, Jefridin Hamid bersama jajaranya saat memantau harga Bapok di Pasar Botania 1 Batam Center, beberapa waktu lalu. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pemko Batam kembali menjadwalkan pelaksanaan pasar murah menjelang lebaran Idul Fitri, yang dimulai 12 April 2023 mendatang. Pasar murah kali ini digelar di 10 titik yang ada di kecamatan mainland.

Hal itu diungkap Kabag Perekonomian Setdako Batam, Zul Arif. Disebutkan, kegiatan pasar murah digelar menjelang hari raya lebaran Idul Fitri. "Pasar murah akan dimulai perdana pada Rabu 12 April 2023 di Kelurahan Seibinti, Kecamatan Sagulung. Kemudian di Kelurahan Buliang, Kecamatan Batuaji. .

Hari kedua atau Kamis 13 April 2023, pasar murah digelar di Kecamatan Sekupang yang dipusatkan di Kelurahan Tiban Indah, dan Kecamatan Lubukbaja dipusatkan di Kelurahan Tanjung Uma

Berikutnya, Jumat 14 April 2023, kegiatan pasar murah dilaksanakan di Kelurahan Duri Angkang, Kecamatan Seibeduk. Kemudian Kelurahan Sei Pelenggut, Kecamatan Sagulung.

Selanjutnya, Sabtu 15 April, pelaksanaan kegiatan di Kecamatan Batuampar dipusatkan di Kelurahan Tanjung Sengkuang, dan untuk Kecamatan Bengkong digelar di Kelurahan Sadai.

Untuk penutup kegiatan, Minggu 15 April 2023, pasar murah digelar di Kecamatan Batam Kota yang dipusatkan di Kelurahan Baloi Permai, dan di Kelurahan Kabil untuk wilayah Kecamatan Nongsa .

"Komoditi yang dijual yaitu bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, minyak goreng, beras Bulog, gula, mentega, tepung, hingga sayur mayur," kata Zul Arif, Senin (3/4/2023).

Selain itu Zul Arif melanjutkan, untuk kebutuhan lauk pauk juga tersedia seperti, daging sapi beku, daging kerbau beku, daging ayam beku.

Kegiatan ini juga akan menggandeng OPD terkait untuk menyediakan kebutuhan sayuran. Selain itu ada juga distributor, dan Bulog yang siap menyuplai pasokan selama kegiatan pasar murah digelar.

Ia menambahkan, sesuai dengan permintaan Pemko Batam kepada distributor agar bisa memberikan harga yang lebih murah dari harga pasar. Kegiatan pasar murah diharapkan bisa berperan dalam mengintervensi harga pasar, jelang lebaran Idulfitri.

Suplai daging selama kegiatan pasar murah diminta untuk ditambah. Diperkirakan permintaan terhadap daging beku mengalami peningkatan.

"Sama seperti tahun lalu, daging cepat sekali habisnya. Sehingga kami ajukan permintaan agar bisa ditambah pasokan nanti ketika pasar murah digelar," pungkasnya.

Editor: Gokli