Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jokowi Lantik Komjen Rycko sebagai Kepala BNPT dan Dito Ariotedjo sebagai Menpora
Oleh : Redaksi
Senin | 03-04-2023 | 15:56 WIB
dito_dan_ricko_b.jpg Honda-Batam
Presiden Joko Widodo melantik Komjen Rycko Amelza Dahniel sebagai Kepala BNPT dan Ario Bimo Nandito Ariotedjo atau Dito Ariotedjo sebagai Menpora di Istana Negara, Senin (3/4/2023) (Foto: BPMI)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Komjen Rycko Amelza Dahniel sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) melantik Ario Bimo Nandito Ariotedjo atau Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) di Istana Negara, Senin (3/4/2023).

Pengangkatan Rycko sebagai Kepala BNPT didasarkan pada Keputusan Presiden RI Nomor 51/TPA Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dari dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Utama di Lingkungan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme.

Sementara Pelantikan Dito sebagai Menpora itu berdasarkan Keppres Nomor 26/P/2023 tentang Pengangkatan Menpora Kabinet Indonesia Maju.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab," demikian sumpah jabatan yang diucapkan Rycko dan Dito.

Rycko ditunjuk Presiden menjadi Kepala BNPT untuk menggantikan pendahulunya Boy Rafli Amar yang memasuki masa pensiun.

Sementara Komjen Boy Rafli Amar yang sebelumnya menjadi Kepala BNPT juga telah dimutasi menjadi Pati Densus 88 Antiteror Polri.

Mutasi tersebut tertuang dalam Surat Telegram Kapolri dengan nomor ST/712/III/KEP./2023 dan ST/713/III/KEP./2023 tertanggal 27 Maret 2023 yang ditandatangani oleh Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono.

Boy Rafli memasuki masa pensiun pada bulan Maret 2023 lantaran usianya sudah 58 tahun. Boy dilantik Presiden Jokowi sebagai Kepala BNPT pada 1 Mei 2020 menggantikan Komisaris Jenderal Polisi Suhardi Alius.

Sedangkan Dito menggantikan posisi Menpora yang semula dijabat seniornya di Golkar, Zainudin Amali. Amali sebelumnya mengundurkan diri dari Menpora dengan dalih ingin fokus pada jabatannya sebagai Wakil Ketua Umum PSSI.

Dito adalah pria kelahiran Jakarta, 25 September 1990. Ia merupakan satu dari tiga nama anak muda yang diajukan Partai Golkar untuk menjadi Menpora menggantikan Zainudin Amali.

Karier politiknya bersama Golkar, Dito diketahui pernah menjabat Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) periode 2017-2022.

Selain itu, Dito memiliki sejumlah pengalaman di bidang olahraga. Ia menjabat Chef de Mission Kontingen Indonesia ke Youth Olympic 2018 Argentina. Dito juga pernah mengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) DKI Jakarta.

Kader Partai Golkar itu juga menduduki posisi Chairman Rans Nusantara FC, klub sepak bola peserta Liga 1 2022/2023. Dito pun ikut mengurus Rans PIK Basketbal

Turut hadir dalam pelantikan ini, antara lain, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Selain itu, hadir juga Ketua Mahkamah Agung Syarifuddin dan Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman.

Editor: Surya