Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Orientasi Siswa Dikmaba dan Dikmata Angkatan XLIII-2023 Satdik-1 Kodiklatal Tanjunguban Resmi Dibuka
Oleh : Harjo
Senin | 03-04-2023 | 11:40 WIB
001122_dikmaba-dikmata-TNI-AL-011.jpg Honda-Batam
Pembukaan Pendidikan dan Upacara pembukaan orentasi Siswa Dikmaba dan Dikmata Angkatan XLIII-2023, Satdik-1 Kodiklatal Tanjunguban, Senin (3/4/2023). (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Komandan Kodikalatal Letjen TNI (Mar) Suhartono secara resmi membuka orientasi siswa Dikmaba dan Dikmata Angkatan XLIII-2023, Satdik-1 Kodiklatal Tanjunguban, Senin (3/4/2023).

Sebanyak 250 siswa yang pendidikan, terdiri dari 100 Bintara dan 150 Tamtama, dari pendaftaran melalui Lantamal I Belawan, Lantamal II Padang, Lantamal IV Batam, Lantamal XII Pontianak dan Lanal Sabang.

Komandan Kodikalatal Letjen TNI (Mar) Suhartono menyampaikan, menjadi prajurit TNI AL adalah lahan pengabdian. Proses mulai dari tes sudah dilalui hingga diterima menjadi siswa.

"Jangan disia-siakan, siswa harus belajar dan berlatih dengan serius dan maksimal, karena saudara adalah kebanggaan dan harapan orangtua," ujarnya.

Para siswa TNI AL ini, akan mengikuti pendidikan selama 6 bulan, di antaranya 3 bulan untuk tahap dasar keperajuritan, selanjutnya pendidikan dasar golongan 1 bulan dan pendidikan lanjutan selama 2 bulan.

Seluruh siswa akan dibina dan digembleng oleh pelatih dan instruktur, tampa batas waktu. Karena pada tahap pendidikan siswa akan dilatih, dari masyarakat sipil menjadi prajurit TNI AL.

Untuk mengikuti dan melewati proses selama 3 bulan ke depan, tentunya akan memakan segala enegri dan pikiran, harus siapkan mental. Para pelatih akan menyiapkan, matra laut yang tangguh, selalu siap melaksnakan tugas di mana pun.

"Sebelum melaksanakan pendidikan, sebagai insan hamba Tuhan senantiasa meningkatkan keimanan, sebagai landasan moral siswa selama masa dan lulus pendidikan. Siap fisik dan mental, untuk mengikuti segala kegiatan, tanamkan jiwa tidak ada kata berat, keluham, semua harus diakukan dengan semangat," harapnya.

Disampaikan juga, agar seluruh siswa untuk terus memupuk jiwa korsa, saling membantu seluruh problem selama mengikuti pendidiakn, sehingga seberat apa pun permasalahan bisa diselesaikan. "Hindari perbuatan yang tercela, hindari pelanggaran, karena apa bila membuat pelanggaran dan perbuatan tidak terpuji, resikonya bisa dikembalikan ke masyarakat," pesannya.

Ia juga mengharapkan agar Satdik I Kodilatal Tanjunguban, dapat melaksanakan pendidikan dengan sebaik-baiknya, dengan mematuhi semua prosedur, sehingga Satdik berjalan dengan aman dan lancar, untuk mengantarkan prajurit patriot NKRI, penjaga kedaulan di laut khusus, garda terdepan serta benteng terakhir NKRI.

Salam pembukaan Dikmaba dan Dikmata Angkatan XLIII-2023 tersebut, bertindak sebagai Komandan Upacara Dansatdik-1 Kodiklatal Tanjunguban, Kolonel Laut (P) Slamet Nurdiharto. Upacara ini turut dihadiri sejumlah Pati dari lingkungan TNI AL; Sekdaprov Kepri, Adi Prihantara; perwakilan Kejati Kepri; Polda Kepri, Kanwil Kemenkumham Kepri, unsur TNI dan instansi lainnya.

Editor: Gokli