Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Arus Balik TKI Lewat Batam Masih Sepi
Oleh : hz/dd
Senin | 27-08-2012 | 12:51 WIB

BATAM, batamtoday - Arus balik lebaran Idul Fitri 1433 H di Pelabuhan Ferry Internasional Batam Centre bagi para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang akan kembali ke Malaysia masih tampak sepi dan belum menunjukan lonjakan yang signifikan.


Demikian dikatakan Kepala Seksi Unit A Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Batam Centre, Muhammad Wahyuni kepada batamtoday, Senin (27/8/2012).

"Arus penumpang menuju ke Malaysia saat ini masih normal dan menunjukan ada peningkatan," ujarnya.

Peningkatan arus penumpang menuju Malaysia, lanjut Wahyu, diperkirakan terjadi pada pekan depan, mengingat para TKI yang akan kembali ke Malaysia baru akan datang sepekan lagi.

"Diprediksikan para TKI baru akan kembali ke Malaysia pekan depan," terang Wahyu.

Diberitakan sebelumnya, berdasarkan data yang dihimpun batamtoday dari Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Pelabuhan Ferry International Batam Centre, menjelang lebaran 2012 ini, arus mudik TKI dari Johor Bahru, Malaysia meningkat sekitar 50 persen dari hari biasa.

Peningkatan arus mudik TKI ini, lanjut Wahyu, terjadi sejak awal Agustus 2012 lalu, dimana dalam sehari ini penumpang dari Malaysia mencapai 1.500 orang dan diperkirakan puncak arus mudiknya terjadi pada tanggal 16 Agustus mendatang.