Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polri Prediksi 123,8 Juta Orang Bakal Melakukan Mudik 2023
Oleh : Redaksi
Selasa | 28-03-2023 | 15:25 WIB
Dedy_Prasetyo1b2.jpg Honda-Batam
Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Polri memprediksi masyarakat yang akan pulang kampung dalam arus mudik jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H tahun 2023 akan meningkat sekitar 14,2% dibanding lebaran tahun 2022 lalu.

Hal itu diungkapkan Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo saat dialog publik bertema "Keterjangkauan Pangan, Kesiapan Sarana dan Prasarana Transportasi Publik Jelang mudik Lebaran 2023" di Hotel Grand Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (28/3/2023).

"Kami prediksi lebaran ini aktivitas masyarakat yang akan mudik akan meningkat sekitar 14,2 persen dari tahun 2022 kemarin. Kalau tahun 2022 ada sekitar 85, 5 juta orang yang melaksanakan mudik, tahun ini kita prediksi mencapai 123,8 juta orang yang akan melaksanakan mudik," ungkap Dedi.

Dedi memperkirakan kenaikan jumlah pemudik tahun ini terjadi lantaran pemerintah sudah mencabut peraturan pembatasan aktivitas masyarakat akibat pandemi Covid-19.

"Pertama, adalah pencabutan status PPKM. Karena di akhir tahun 2022, Bapak Presiden sudah secara resmi pencabutan PPKM di wilayah Indonesia. Kedua, memasuki pra-endemi atau mendekati normal pasca pandemi Covid-19, sehingga lebaran tahun ini tidak ada pembatasan lagi sehingga masyarakat bebas melakukan aktivitas mudik meski kami menghimbau tetap hati-hati," tambahnya.

"Selain itu, perekonomian juga alhamdulillah semakin membaik, sehingga banyak masyarakat yang tahun ini memilih melakukan aktivitas mudik," tegasnya.

Untuk mensukseskan pelaksanaan arus mudik dan balik pada lebaran 2023 ini, Polri bersama stakeholder lain terus berupaya mempersiapkan segala sarana dan prasarana serta mempersiapkan anggotanya untuk menjamin kelancaran aktivitas mudik di tahun 2023 ini.

"Sejauh ini pemerintah terus berupaya mempersiapkan segala hal terkait aktivitas lebaran di masyarakat dalam rangka memenuhi kenyamanan dan keamanan layanan masyarakat yang berkaitan dengan persiapan sarana prasarana penunjang ditambah transportasi publik dengan baik bersama seluruh stakeholder mulai Polri, TNI, Kementerian Perhubungan, Jasa Marga dan seluruh stakeholder lainnya. Selain itu kita juga harus mempersiapkan ketersediaan distribusi pangan selama lebaran agar tidak menimbulkan kepanikan di masyarakat karena barangnya meningkat harganya," tandasnya.

Editor: Surya