Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jelang Ramadan 2023, Penumpang di Hang Nadim Mulai Alami Peningkatan
Oleh : Aldy Daeng
Minggu | 19-03-2023 | 13:35 WIB
hang_nadim_super_jet.jpg Honda-Batam
Launching penebangan perdana Super Jet Air Batam-Ujungpandang dan Batam-Bandung, Jumat (17/3/2023) sore (Foto: Aldy Daeng)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menjelang Bulan Suci Ramadan 2023, jumlah penumpang di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau (Kepri) mulai mengalami peningkatan.

"Saat ini jumlah penumpang sudah mulai meningkat drastis. Mungkin karena mau ziarah ya," kata Direktur PT Bandara Internasional Batam (BIB), Pikri Ilham Kurniansyah, usai melaunching penebangan perdana Super Air Jet Batam-Makassar dan Batam-Bandung, Jumat (17/3/2023) sore.

Pikri menjelaskan, peningkatan penumpang ditaksir mengalami kenaikan sekitar 18 hingga 20 persen. Dan terjadi sejak sepekan terakhir atau tepatnya dua minggu sebelum bulan Ramadan. Diakuinya, peningkatan itu terjadi secara merata di seluruh rute penerbangan yang ada di Hang Nadim Batam.

Menurutnya, hal itu merupakan hal yang lumrah mengingat bulan Ramadan adalah salah satu momen yang ditunggu oleh masyarakat.

Pihaknya memprediksi kenaikan itu akan berlangsung hingga awal Ramadan saja. Kemudian akan mengalami penurunan dan naik kembali pada minggu kedua hingga lebaran.

"Sekarang saja per hari rata-ratanya sudah 10 hingga 11 ribu penumpang. Tahun lalu 9 ribu. Meningkat sekitar 28 hingga 30 persen," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD Kepri, Wahyu Wahyudin meminta agar PT BIB Hang Nadim Batam untuk memastikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat.

Terlebih jelang Ramadan dan Lebaran mendatang dengan jumlah penumpang yang terus meningkat.

"Yang harus diperhatikan adalah pelayanan. Terutama bagasi. Apalagi ini mendekati waktu mudik. jadi harus dipersiapkan sebaik mungkin," tuturnya.

Editor: Surya