Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Cara Membersihkan Sendiri Interior Mobil Tanpa ke Salon
Oleh : Redaksi
Sabtu | 25-02-2023 | 18:36 WIB
Tips_Membersihkan_Interior_Mobil_Agar_Terhindar_dari_Virus.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Cara membersihkan interior mobil yang kusam ternyata tidak harus selalu dibawa langsung ke salon, sebab dibersihkan sendiri juga bisa.

Interior mobil adalah komponen yang ada di dalam mobil termasuk karpet, jok, AC, head unit, kemudi setir, dasbor, panel pintu, sampai plafon.

Semua bagian interior ini apabila tidak dirawat dengan baik sangat rentan menjadi kusam dan berjamur. Jika dibiarkan, lama-kelamaan akan susah untuk dibersihkan.

Dirangkum dari laman The Spurce, berikut cara untuk membersihkan interior mobil sendiri di rumah dan pastinya bisa menghemat pengeluaran.

1. Buang dan siapkan tempat sampah mini
Hal pertama yang dibersihkan yaitu mengeluarkan semua sampah-sampah di dalam mobil. Biasanya berserakan di atas karpet atau door pocket yaitu sela-sela pintu.

Setelah semua sampah bersih, jangan lupa untuk menyiapkan tempat sampah mini khusus di dalam mobil.

2. Sikat karpet
Karpet untuk alas kaki di mobil umumnya menggunakan bahan karet, vinil, atau silikon. Cara membersihkannya bisa menggunakan selang air untuk mengangkat debu kotoran.

Kemudian sikat karpet dengan larutan air hangat dan sabun cuci piring, supaya noda di karpet terangkat. Jangan lupa jemur karpet sampai kering dan pasang kembali ke mobil.

3. Bersihkan konsol box dengan spons atau kuas
Konsol box merupakan tempat untuk menyimpan barang-barang berukuran kecil atau tempat minum, dan terletak di bagian tengah.

Cara membersihkan interior mobil bagian konsol, bisa memakai spons yang sedikit lembap atau sikat mini untuk mengangkat semua kotoran yang menempel pada sela-sela bagian dalam.

4. Lap perseneling, kaca, dan panel pintu dengan kain mikrofiber
Tuas perseneling ini bagian yang paling sering dioperasikan dan bersentuhan langsung dengan tangan. Sementara kaca mobil hampir setiap saat terkena debu kotoran jalanan.

Kedua interior berikut harus rutin dibersihkan supaya tidak cepat berjamur. Cara membersihkannya bisa menggunakan kain mikrofiber agak lembap.

5. Bersihkan dashbor pakai tisu basah
Tisu basah disinfektan dapat digunakan sebagai alat pembersih dasbor dari sisa kotoran minyak, sidik jari, atau debu.

Alternatif selain memakai tisu basah, bisa juga memanfaatkan kain mikrofiber lembap, atau kain lap berbahan lembut.

6. Sapu kisi-kisi AC dengan kuas
Kisi-kisi AC kotor akan membuat udara yang dihembuskan ke dalam mobil menjadi kurang maksimal atau tidak dingin.

Kuas bisa dipakai untuk membersihkan kisi-kisi AC agar terbebas dari debu dan kotoran. Bersihnya kisi-kisi pada AC akan membuat kinerjanya menjadi lebih maksimal.

7. Vacuum bagian jok mobil
Saat ini ada banyak vacuum portable yang modelnya ringkas dan mudah dibawa ke mana-mana. Vacuum ini bisa digunakan untuk membersihkan sela-sela jok mobil atau karpet.

Cara membersihkan interior mobil dengan vacuum sangat mudah, Anda tinggal mengarahkan ke bagian jok yang akan dibersihkan dan biarkan mesinnya menyedot debu.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha