Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini Penyebab AC Mobil Tak Dingin dan Hanya Keluar Angin
Oleh : Redaksi
Jumat | 24-02-2023 | 19:34 WIB
download29.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - AC seolah sudah menjadi salah satu fitur yang wajib ada di dalam mobil. Di era modern zaman sekarang, hampir semua sudah dibekali AC. Paling hanya ada beberapa model yang belum dibekali AC dan harga jualnya juga cukup murah. Kehadiran AC di mobil menambah kenyamanan pengendara dan penumpang sepanjang perjalanan.

AC membuat suhu udara dalam kabin lebih dingin, ketika temperatur udara di luar panas. Tapi itu kalau AC beroperasi dengan normal. Pasalnya, ada beberapa AC yang tidak berfungsi dengan baik sehingga bukannya mendinginkan kabin, malah justru hanya keluar angin dan membuat panas.

Lalu apa yang menyebabkan AC mobil hanya mengeluarkan angin? Ada beberapa penyebab yang membuat AC mobil tidak dingin seperti dijabarkan berikut.

1. Kondensor Kotor
Kondensor kotor dapat menyebabkan AC hanya keluar angin karena terhambat. Untuk itu, kamu disarankan untuk membersihkan kondensor supaya tidak ada penyumbatan.

2. Kompresor Rusak
Kompresor AC yang rusak juga membuat AC jadi tidak dingin. Adapun cara mengetahui kompresor rusak adalah sight glass berwarna hitam. Bila tanda itu muncul, maka receiver dryer atau expansion valve tersumbat kotoran.

3. Extra Fan Mati
Extra fan mati akan mempengaruhi proses kondensasi. Apabila extra fan tidak berputar, tidak ada penurunan suhu yang terjadi. Pada akhirnya kabin menjadi panas.

4. Evaporator Tersumbat
Kebersihan evaporator harus senantiasa dijaga. Jika tersumbat oleh debu, aliran udara dari blower jadi ikut terhambat. Kalau sudah begini, sirkulasi AC jadi terganggu.

5. Fan belt Putus
Fant belt berfungsi sebagai penyalur putaran mesin menuju kompresor. Apabila fan belt putus atau mengalami kerusakan, maka kinerja kompresor tidak akan maksimal. Jika sudah begitu, aliran freon tidak dapat tersirkulasi. Alhasil, AC mobil jadi tidak dingin.

6. Freon Habis
Freon yang habis juga bisa membuat AC mobil jadi tidak dingin. Untuk memastikan hal ini, kamu bisa mengecek kondisi freon ke bengkel terdekat. BIla benar habis, maka bisa diisi ulang atau menambahnya.

Sumber: detik.com
Editor: Yudha