Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

DPD RI Nilai Pengembangan UMKM di Batam Butuh Peningkatan Kualitas SDM
Oleh : Irawan
Minggu | 12-02-2023 | 10:04 WIB
batik_batam_dpd.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Komite IV DPD RI bertemu dengan pelaku usaha Batik Pa' Long di Kota Batam, Kamis (9/2/2023)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Komite IV DPD RI melakukan kunjungan kerja ke Kota Batam, Kepulauan Riau. Komite IV menilai perlu adanya peningkatan kualitas SDM dalam pengembangan UMKM di Kota Batam.

Peningkatan kualitas SDM tersebut bisa diperoleh salah satunya dari binaan yang diberikan oleh Bank Indonesia untuk para pelaku UMKM.

Hal itu disampaikan Ketua Komite IV DPD RI, Elviana, pada kunjungan kerja dalam rangka pendampingan mitra untuk pemberdayaan pelaku ekonomi kreatif di Kota Batam, pada Kamis (9/2/2023) lalu. Dalam kesempatan ini, Komite IV DPD RI bertemu dengan pelaku usaha Batik Pa' Long di Kota Batam.

"Binaan dari BI itu sifatnya kelompok, bukan pada perorangan. Jadi bantuan ini memang diperuntukkan bukan sebatas pada modal saja, tapi juga dalam rangka meningkatkan SDM," ucap Elviana, Sabtu (11/2/2023)

Pada pertemuan itu, Hendra, salah satu pembatik di Batam, mengungkapkan bahwa persoalan yang dialami adalah terutama dalam hal SDM di samping kurangnya bahan baku.

Permasalahan ini, menurutnya, akan teratasi jika mereka mendapat cukup bantuan terutama dari pemerintah.

Oleh karena itu, Elviana menyarankan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro selaku pendamping pelaku UMKM di Kota Batam untuk segera membentuk kelompok usaha dan selanjutnya dapat diterbitkan. Hal itu sebagai syarat untuk mendapat bantuan binaan dari Bank Indonesia.

"Karena UMKM diarahkan untuk membentuk kelompok usaha sejenis, agar semakin banyak SDM yang tercipta," tegas Senator Jambi tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Anggota DPD RI Provinsi Kepulauan Riau, Dharma Setiawan, selaku tuan rumah mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Komite IV DPD RI kepada pelaku UMKM khususnya di Kota BaUMKM.

"Semoga kunjungan ini membawa kebaikan dan perubahan, juga membuat lebih baik UMKM di Kota Batam. Saya sebagai wakil DPD RI dari Kepri siap menjadi penghubung dengan BI selaku mitra dari Komite IV," ungkapnya.

Selain BI, Komite IV DPD RI memiliki beberapa mitra kerja dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Salah satu mitra kerja adalah Kementerian Koperasi dan UKM.

Oleh karena itu kunjungan kerja ini dilaksanakan dengan fokus pada pemberdayaan ekonomi kreatif pada sektor UMKM. Hadir pula pada kegiatan ini dua Pimpinan Komite IV yang lain, yaitu H. Sukiryanto dan KH. Abdul Hakim, M.M selaku Wakil Ketua Komite IV.

Di Kepulauan Riau sendiri, UMKM pada tahun 2022 berjumlah 146.638 UMKM. Masing-masing tersebar di Kota Batam 75.064 (51 persen), Kota Tanjungpinang 18.613 (13 persen), Kabupaten Bintan 11.783 (8 persen), Kabupaten Karimun 18.434 (13 persen), Kabupaten Natuna 8.454 (6 persen), Kabupaten Anambas 5.262 (4 persen) dan Kabupaten Lingga 9.028 (6 persen).

Elviana menyampaikan harapannya untuk UMKM di Batam agar lebih berkembang.

"Semoga semakin banyak peran pemerintah dan negara untuk pelaku UMKM. Dan kalian juga harus melibatkan orang banyak, jangan menjadikan pemula sebagai pesaing tetapi sebagai mitra kerja," pungkasnya.

Editor: Surya