Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tips Merawat Jok Motor Kesayangan, Perhatikan Lokasi Parkir dan Barang Bawaan
Oleh : Redaksi
Sabtu | 11-02-2023 | 19:00 WIB
XcQ1rHUYBI.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kenyamanan berkendara motor sangat dipengaruhi kualitas jok yang menjadi tempat menopang tubuh pengendara. Maka itu, jok motor juga perlu dirawat sebaik-baiknya.

Anda bisa mengikuti beberapa tips dari Main Dealer Yamaha Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu) untuk merawat jok motor kesayangan:

1. Perhatikan parkir motor
Cara memarkir motor bisa berdampak ke jok lho. Parkir di tempat terbuka membuat motor terkena panas serta hujan dan dapat berdampak buruk jika terjadi secara terus menerus, salah satunya bagian jok motor. Efek jok motor yang terlalu sering terkena panas dan hujan membuat jok mudah rusak seperti kaku dan robek. Selain efek dari cuaca, ada beberapa faktor lain yang dapat dengan mudah merusak jok motor seperti cakaran kucing, gesekan pengendara lain. Oleh sebab itu ada baiknya untuk dapat memilih parkir yang tertutup yang tidak langsung terkena matahari. Jika tidak ada area parkir yang tertutup, disarankan untuk menggunakan cover jok.

2. Membersihkan jok
Berbeda dengan bodi dan mesin motor, jok motor jangan terlalu sering dicuci dengan sabun. Karena efek dari sabun pembersih kurang baik jika terlalu sering terkena jok, dikhawatirkan jok yang sering terkena sabun pembersih akan membuat jok lebih cepat rusak atau robek. Untuk membersihkan jok, disarankan hanya mengelapnya saja dan bahan yang digunakan yaitu kain lap berbahan micro fiber dan air. Jika terdapat noda yang susah dihilangkan, disarankan supaya menggunakan cairan pembersih khusus yang aman terhadap kulit jok.
Advertisement

3. Perhatikan barang bawaan
Selain sebagai alat transportasi, fungsi sepeda motor saat ini sebagai alat angkut barang bawaan sehari-hari, baik dari skala kecil sampai besar. Oleh sebab itu, berhati-hati dalam membawa barang terutama untuk yang ditaruh di atas jok. Jika barang yang dibawa kotor, basah atau punya sudut tajam pastinya sangat berbahaya bagi jok motor. Selain jok motor kotor, bisa bikin jok robek. Berat bawaan juga perlu dipertimbangkan karena selain berbahaya bagi diri sendiri, muatan berlebihan dapat membahayakan pengendara lain.

Sumber: detik.com
Editor: Yudha