Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polda Kepri Perketat Pemantauan Penggalangan Dana Berkedok Bantuan Bencana Alam
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Kamis | 09-02-2023 | 17:40 WIB
polda-kepri-201.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Mapolda Kepri di Kecamatan Nongsa, Kota Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Polda Kepulauan Riau (Kepri) memperketat pemantauan terhadap penggalangan dana berkedok bantuan bencana alam di media sosial untuk menghindari penipuan.

"Kami memperketat pengawasan penggalangan dana berkedok bantuan bencana, terutama di media sosial yang rawan penipuan," kata Wadir Reskrimsus Polda Kepri, AKBP Ade Kuncoro saat dihubungi melalui telepon selulernya, Kamis (9/2/2023).

Ade mengatakan, hal itu sangat perlu dilakukan melihat adanya kesempatan seperti kejadian bencana alam di negara Turki dan Suriah yang menewaskan ribuan orang tersebut.

Apalagi, seperti di media sosial yang sangat mudah untuk menyebarkan informasi palsu berkedok penggalangan dana.

"Jadi jangan sampai ada hal-hal yang semacam itu, kami tidak akan membiarkan pelaku kriminal memanfaatkan momen tersebut," ujarnya.

Meski begitu, ia menegaskan bahwa pihaknya tidak hanya melakukan pengawasan secara siber, tapi juga pengawasan terhadap kelompok atau komunitas yang melakukan penggalangan dana di jalan-jalan.

"Kami berkoordinasi dengan setiap Polres yang ada di wilayah Kepri untuk pengawasan penggalangan dana di jalan-jalan," ungkapnya.

Ia juga mengimbau kepada seluruh warga Kepri agar jangan terlalu mudah percaya apabila ditemukan hal-hal seperti penggalangan dana berkedok bantuan bencana di media sosial.

"Kepada warga agar jangan terlalu mudah percaya hal-hal yang seperti itu, cek dulu kebenarannya," tutupnya.

Editor: Yudha