Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tahun 2012

Pertamina Salurkan Dana CSR Rp 1,2 Triliun untuk Program Kemasyarakatan
Oleh : ant/si
Kamis | 16-08-2012 | 19:10 WIB

BEKASI, batamtoday - PT Pertamina Persero mengalokasikan dana tanggung jawab sosial atau CSR pada 2012 sebesar total Rp1,2 triliun, yang disalurkan dalam berbagai program kemasyarakatan.


"Program Pertamina untuk bina lingkungan dan pemberdayaan masyarakat dilakukan dalam berbagai sektor, seperti sektor pendidikan, kesehatan, pemberdayaan masyarakat, dan lainya," kata Manejer Program Regional Satu Pertamina, Hermanto Sinaga di sela acara penyerahan satu unit mobil ambulan, di Bekasi, Jawa Barat kemarin.

Menurut dia, penyerahan satu unit mobil ambulan kepada Lembaga Amil Zakat Tabung Amanah Umat (Laztamu) di Jalan Sarbini nomor 20, Komplek Inkopol, Kelurahan Jakasampurna, Bekasi Barat, dilakukan guna fasilitas gratis bagi masyarakat yang membutuhkan.

"Ini adalah bentuk kongkret penyaluran CSR kami kepada masyarakat," katanya.

Sementara untuk program kemitraan di tahun 2012, kata dia, dialokasikan dana sebesar Rp500 miliar yang akan dipinjamkan kepada masyarakat selama 2012.

"Penyerahan ini ambulan ini karena kami telah mensurvey kapasitas Las Tamu dan mereka amanah, jadi kami berikan satu unit ambulan dengan standar internasional senilai Rp250 juta," ujarnya.

Harmanto menambahkan, pihaknya sedang memperkenalkan program Bedah 100 Desa terutama di sektor pendidikan, kesehatan, dan ekonomi yang di fokuskan bagi desa tertinggal dan di wilayah pedalaman.

"Program pinjaman dapat dilakukan dengan individu senilai Rp50 juta dan program pinjaman kelompok. Namun masing-masing proposal pinjaman yang masuk nantinya akan dilakukan seleksi hingga survei lokasi tempat usaha tersebut berdiri," katanya.

Sementara itu, Direktur Laz Tamu, Rahmat Malik, mengaku sangat bersyukur mendapat kepercayaan dari Pertamina sehingga diberikan amanah untuk membantu masyarakat di Kota dan Kabupaten Bekasi dalam penyediaan mobil ambulan gratis.

"Semoga ambulan ini bisa menjadi berkah dan manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan akibat keterbatasan ekonomi," katanya.