Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jangan Panasin Mesin Motor di Dalam Rumah, Ini Bahayanya
Oleh : Redaksi
Sabtu | 21-01-2023 | 18:04 WIB
ilustrasi-panasi-motor11.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Meski sudah tidak terlalu penting, ritual memanaskan mesin motor masih dilakukan sebagian bikers. Memanaskan mesin bertujuan supaya oli bisa bekerja melumasi semua komponen yang berada di dalam mesin. Saat melakukan prosesi itu, bikers tidak boleh melakukannya di dalam rumah. Kenapa?

Dikutip dari situs resmi Wahana Honda, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selama memanaskan kendaraan, khususnya sepeda motor. Salah satunya terkait tempat memanaskan mesin motor.

Usahakan pilih tempat yang lapang. Dan sebaiknya jangan terlalu dekat dengan dinding atau tembok. Lebih khusus lagi untuk motor zaman sekarang. Karena pada saat pemanasan, otomatis lampu utama akan menyala jika mesin dinyalakan.

Pantulan cahaya pada dinding tembok dapat merusak atau membuat bagian mika pada lampu depan meleleh akibat terlalu panas. Bila posisi motor terlalu dekat tembok, maka tingkat panasnya akan memantul ke reflektor lampu itu sendiri.

Sehingga, lama kelamaan bisa mengakibatkan reflektor meleleh, dan menyebabkan bohlam putus. Sebaiknya memanaskan motor juga jangan terlalu lama. Cukup sekitar 3 sampai 5 menit.

Sebenarnya mesin motor modern tidak perlu dipanaskan terlalu lama karena pada dasarnya komponen motor sudah siap bekerja ketika mesin dihidupkan. Terlebih motor zaman sekarang sudah banyak yang dibekali teknologi injeksi.

Memanaskan motor sebaiknya jangan dilakukan di dalam ruangan. Sebab, gas buang kendaraan mengandung berbagai kandungan berbahaya bagi tubuh. Seperti gas karbon monoksida (CO), karbondioksida (CO2), dan timbal.

Panas yang dihasilkan tidak terbuang ke udara, malah akan mengumpul di dalam ruangan tersebut. Ini jelas berbahaya bila terhirup manusia, apalagi oleh anak-anak.

Sumber: detik.com
Editor: Yudha