Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ridwan Kamil Resmi Gabung Golkar, Airlangga: Pendekatannya Butuh Waktu Satu Tahun
Oleh : Irawan
Rabu | 18-01-2023 | 15:40 WIB
ridwan_kamil_golkar_b.jpg Honda-Batam
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil resmi menjadi kader Partai Golkar (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil, resmi bergabung dengan Partai Golkar. Gubernur Jabar tiba di Kantor DPP Partai Golkar, Jalan Anggrek Neli Murni, Slipi, Jakarta Barat, ditemani Ketua DPD Golkar Jawa Barat, Ace Hasan Syadzily.

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto mengungkapkan, sebelum resmi bergabung, pendekatan dilakukan Partai Golkar lebih dari satu tahun.

Airlangga menekankan, kehadiran Ridwan Kamil ke Kantor DPP Partai Golkar memang sudah mengonfirmasi merapatnya orang nomor satu di Jawa Barat tersebut. Selain menemuinya, Airlangga menerangkan, RK akan dikenalkan ke pengurus Partai Golkar.

Untuk tugas dan posisi Ridwan Kamil setelah bergabung, Airlangga mengaku sudah membicarakan itu dengan petinggi-petinggi Partai Golkar lain. Namun, Airlangga menekankan, pendekatan yang mereka lakukan sudah berjalan lebih dari satu tahun.

"Pendekatan lama banget, ya lebih dari setahun," kata Airlangga, Rabu (18/1/2023).

Terkait bergabungnya Ridwan Kamil ke Partai Golkar, ia mengaku optimistis akan menguasai perolehan suara di Jawa Barat. Saat ini, Airlangga menuturkan, posisi Partai Golkar sudah membaik diikuti provinsi lain seperti Jawa Timur dan Banten.

"Jadi, kalau dengan tambah pemain Golkar optimistis," ujar Airlangga.

Ridwan Kamil sendiri datang masih mengenakan baju batik biasa, namun berwarna mayoritas kuning seperti warga khas dari Partai Golkar. Namun, poster-poster Ridwan Kamil mengenakan jas berwarna kuning sudah terpasang di Kantor Golkar.

Airlangga menegaskan, bergabungnya Ridwan Kamil membuktikan kalau Partai Golkar memang inklusif. Artinya, ia menerangkan, siapa saja yang ingin bergabung akan diterima dengan tangan terbuka dan diberikan kesempatan, termasuk untuk caleg.

"Siapa yang mau jadi caleg Golkar diberikan kesempatan," kata Airlangga.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat mengatakan, kedatangannya ke kantor DPP Partai Golkar untuk bersilahturahmi.

"Saya baru datang mau silaturahmi, pembicaraan apa saya belum tahu," kata Emil, Rabu (18/1/2023).

Untuk itu, ia meminta rekan-rekan media bersabar menunggu pertemuan yang akan dilakukan bersama Ketua Umum Partai Golkar selesai dilaksanakan. Sehingga, ada kepastian dan pengumuman itu bisa dilakukan bersama petinggi-petinggi Golkar.

"Biar tidak bolak-balik tunggu aja sabar, beres pasti seluas-luasnya saya kasih pernyataan," ujar Emil.

Uniknya, penegaskan tentang bergabungnya Ridwan Kamil ke Partai Golkar justru datang langsung dari Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto.

Airlangga menegaskan, kedatangan Ridwan Kamil kali ini mengonfirmasi kabar tersebut.

"Kehadiran Pak Ridwan Kamil mengonfirmasi Pak RK akan bergabung dengan Partai Golkar," kata Airlangga beberapa saat sebelum Kang Emil tiba di Kantor Golkar.

Namun setelah itu, Airlangga Hartarto resmi memberikan kartu tanda anggota (KTA) Partai Golkar dan jas berwarna kuning kepada Ridwan Kamil. Emil tampak menerima jas kuning dan KTA Golkar itu sambil tersenyum.

Emil pun langsung menggunakan jas kuning tersebut. Ia selanjutnya juga menerima sebuah KTA dari Airlangga.

"Masuknya Pak Ridwan Kamil ke partai Golkar ini ditandai dengan sudah diberikan kartu tanda anggota, dan Pak Ridwan Kamil sudah menggunakan jas kuning," ucapnya.

Selanjutnya, keduanya berfoto bersama sambil tersenyum.

Editor: Surya