Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

12 PMA Tanam Investasi US$11,8 Juta di Batam
Oleh : ypn/dd
Kamis | 16-08-2012 | 14:28 WIB

BATAM, batamtoday - Memasuki awal semester II 2012, sebanyak 12 Penanam Modal Asing menanamkan modalnya di Batam dengan nilai total investasi sebesar US$11,8 juta selama bulan Juli tahun ini.


Ilham Eka Hartawan, Kepala Bidang Bidang Humas dan Publikasi Badan Pengusahaan Batam (BP Batam), menuturkan capaian nilai investasi itu meningkat jika dibandingkan capaian investasi pada Juli tahun lalu.

Pada Juli 2011, jumlah PMA yang menanamkam modalnya di Batam hanya sebanyak tujuh PMA dengan nilai investasi sebesar US$5,8 juta.

"Dari total PMA dan nilai investasi pada bulan Juli mengalami peningkatan dari Juli tahun lalu. Juli tahun ini ada 12 PMA dengan nilai investasi US$11,8 juta," ujarnya, Kamis (16/8/2012).

Dari 12 PMA tersebut, lanjut Ilham, sebagian besar bergerak di bidang usaha pembuatan dan perbaikan kapal.

Adapun untuk asal negara yang murni melakukan investasi langsung hanya Singapura dan Malaysia.

Sementara sisanya adalah perusahaan joint venture dengan Indonesia.

"Untuk joint venture yakni, Singapura-Indonesia, Malaysia-Indonesia, Singapura-Malaysia dan India-Australia-Indonesia," tambahnya.

Seluruh proyek investasi tersebut  diperkirakan mampu membuka lapangan kerja sebanyak 1.119 tenaga kerja indonesia dan 53 tenaga kerja asing.

Sementara itu, pada bulan yang sama, sebanyak sembilan PMA juga mengajukan aplikasi investasi ke BP Batam dengan nilai investasi US$15,1 juta.

Ilham mengatakan ke-sembilan PMA itu terdiri dari bidang usaha industri barang logam, industri barang kulit, jasa pertambangan dan minyak bumi, dan reparasi kapal.

Adapun asal negara yang mengajukan permohonan investasi tersebut yakni Uni Emirat Arab, Inggris, Malaysia, Australia dan Cina.

Aplikasi investasi ini juga diprediksi membutuhkan tenaga kerja sebanyak 405 orang.

"Aplikasi investasi juga mengalami peningkatan dari tahun lalu, tahun lalu hanya tujuh PMA dengan investasi US$12,35 juta," papar Ilham.

Sebelumnya, BP Batam juga sudah merilis capaian investasi selama semester I 2012.

Selama semester I 2012, realisasi investasi asing di Batam telah mencapai US$112 juta.

Capaian ini meningkat 61% dibandingkan periode yang sama pada tahun 2011 sebesar US$43,4 juta.

Direktur PTSP dan Humas Badan Pengusahaan Batam (BP Batam) Dwi Djoko Wiwoho menyebutkan dari total investasi PMA itu tercatat sebanyak 44 PMA baru sepanjang semester I 2012 yang masuk ke Batam.

"Batam masih menjadi tujuan investasi yang kompetitif, dibuktikan sebanyak 44 PMA dengan total nilai investasi sebesar US$112 juta. Nilai investasi ini mengalami kenaikan sebesar 61%," ujarnya akhir pekan lalu.