Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kemlu Agendakan Perjalanan Diplomatik ke BBK
Oleh : ocep
Selasa | 14-08-2012 | 16:23 WIB

BATAM, batamtoday - Kementerian Luar Negeri RI menjadwalkan agenda Diplomatic Tour pada September tahun ini ke kawasan FTZ Batam-Bintan-Karimun sebagai langkah promosi investasi kawasan FTZ.


Ilham Eka Hartawan, Bidang Humas dan Publikasi Badan Pengusahaan Batam (BP Batam) mengatakan rencana kunjungan delegasi yang terdiri dari beberapa duta besar yang dibawa Kemlu akan dimulai dengan diskusi yang terdiri dari pejabat Kemlu, perwakilan dubes asing, pejabat Pemerintah Daerah Batam, BP Batam dan perwakilan pengusaha.

"Kemenlu mengajak duta besar dalam Diplomatic Tour, mereka mau datang ke BBK. Rombongan terdiri dari delegasi duta besar," ujarnya, Selasa (14/8/2012).

Menurut informasi yang ia terima, sebanyak 20 pejabat perwakilan negara-negara di Indonesia akan turut ambil bagian dari dalam kegiatan ini.

Namun belum dapat dipastikan duta besar mana saja yang akan mengikuti Diplomatic Tour ini.

Melalui kegiatan ini, Kemlu akan meningkatkan promosi peluang investasi dan akses produk yang ada di FTZ ke negara-negara yang ikut dalam tur tersebut.

"Nanti mereka tiga hari di sini untuk melihat industri dan potensi lainnya termasuk pariwisata," tambahnya.

Selanjutnya, selama tiga hari, peserta Diplomatic Tour akan mengunjungi Kawasan Industri dan sentra-sentra produksi kesenian.

Dalam kegiatan itu, perwakilan kedutaan besar asing mendapat kesempatan untuk melihat secara langsung kondisi industri yang ada di kawasan FTZ.

Sebelumnya, lanjut Ilham, selama semester I/2012, BP Batam sudah beberapa kali menerima perwakilan negara-negara asing. Beberapa diantaranya adalah delegasi Asean yang dibawa PTRI Asean, Dubes AS untuk Indonesia dan Dubes AS untuk Singapura, serta Dubes Slovakia.