Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kunjungi Sejumlah Gereja, Jokowi Ucapkan Selamat Natal Bagi Umat Kristiani
Oleh : Redaksi
Minggu | 25-12-2022 | 17:33 WIB
jokowi_katedral_bogor_b.jpg Honda-Batam
Presiden Joko Widodo meninjau langsung ibadah Natal di Gereja Zebaoth dan Katedral Kota Bogor, Minggu (25/12/2022) (Foto: BPMI Satpres)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo menyampaikan selamat merayakan Natal bagi seluruh umat Kristiani di Tanah Air. Ini disampaikan Jokowi dalam akun media sosial Instagram maupun Twitternya, Minggu (25/12/2022).

"Saudara-saudaraku umat Kristiani yang sedang bersukacita menyambut Hari Raya Natal di mana pun berada," ujar Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi mendoakan seluruh umat senantiasa dinaungi kedamaian, kebahagiaan dan cinta kasih. "Semoga kedamaian, kebahagiaan, dan cinta kasih senantiasa memayungi langkah kita semua," ujar Jokowi.

Presiden Jokowi juga mengunjungi sejumlah gereja yang ada di Kota Bogor, Minggu (25/12/2022). Kehadiran Kepala Negara di sejumlah gereja tersebut untuk meninjau secara langsung perayaan Hari Natal dan mengucapkan selamat Hari Natal kepada para umat Kristiani yang sedang melakukan peribadatan.

Gereja pertama yang dikunjungi Presiden adalah Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) Jemaat Zebaoth Bogor, Jawa Barat. Presiden didampingi Wali Kota Bogor Bima Arya tiba sekitar pukul 09.10 WIB, dan langsung menyapa umat Kristiani yang ada di gereja tersebut.

"Saya melihat betapa sangat senang, betapa sangat bahagianya Bapak-Ibu dalam menyambut Natal tahun ini," ujar Presiden.

Presiden juga berharap seluruh umat Kristiani dapat merayakan Natal dengan damai dan bahagia.

"Dan juga kita semuanya terus menyambung persaudaraan, mempererat persaudaraan, memperkuat kerukunan di antara kita," tutur Presiden.

Usai meninjau perayaan Natal dan menyapa umat Kristiani di gereja tersebut, Presiden kemudian melanjutkan perjalanan menuju Gereja Katedral Bogor.

Di sana, Presiden kembali menyapa dan menyampaikan pesan kepada umat Kristiani yang sedang melakulan peribadatan di gereja tersebut.

"Mari bersama-sama kita terus mempererat persaudaraan kita, memperkuat kerukunan kita untuk kebangkitan Negara Kesatuan Republik Indonesia," ungkap Presiden

"Selamat Natal, semoga Tuhan memberkati kita semuanya," ucap Presiden.

Sementara itu, Kepala Gereja Katedral Bogor Romo Paulus Haruno dalam keterangan terpisah mengaku sangat senang dan mengapresiasi kehadiran Presiden Jokowi. Ia menyebut kehadiran Kepala Negara sebagai hadiah istimewa bagi umat Kristiani.

"Sungguh suatu surprise dan hadiah yang luar biasa yang sungguh-sungguh ini kejutan karena tanpa pemberitahuan sebelumnya Pak Presiden, Pak Jokowi yang ditemani Pak Wali Kota, Pak Bima Arya ini adalah suatu yang menambah suka cita Natal tahun ini," ujar Romo Paulus.

Presiden Pertama

Kunjungan Presiden Joko Widodo meninjau langsung ibadah Natal di Gereja Zebaoth dan Katedral Kota Bogor, Minggu (25/12/2022), disebutkan merupakan presiden pertama yang datang ke Gereja Katedral Bogor saat Natal.

Vikaris Jenderal Keuskupan sekaligus Wakil Pimpinan Keuskupan Gereja Katedral Kota Bogor Yohanes Suparto mengatakan banyak warga yang bahagia melihat kehadiran Jokowi di Katedral Bogor siang ini.

"Kami sangat, sangat suprise, betapa bahagia, bahkan banyak umat yang sungguh mengalami kebahagiaan ketika Pak Jokowi masuk (ke dalam gereja), karena bagaimanapun juga ternyata Pak Jokowi orang yang selalu mau dekat dengan siapapun," kata Yohanes.

"Bahkan ini menjadi sejarah bagi kami gereja Bogor, karena baru Pak Jokowi sebagai Presiden yang masuk ke gereja kami ini, baru Pak Jokowi," imbuhnya

Yohanes mengatakan Jokowi sempat menyampaikan sambutan saat meninjau gereja. Salah satu pesan dalam sambutannya, Jokowi menitipkan agar tetap menjaga solidaritas dan toleransi demi kebangkitan bangsa.

Menurut dia, pesan yang disampaikan Jokowi sangat kuat dan berkesan bagi jemaat yang hadir.

"Pesan yang disampaikan Pak Jokowi juga tadi sangat kuat bagi kita, untuk itu tadi menjaga solidaritas, toleransi untuk kebangkitan negara Indonesia yang kita cintai, tetapi secara umum kami sangat sangat bahagia, ini anugerah Tuhan yang luar biasa, hadiah natal yang sangat indah bagi kami semua umat kristiani," ucapnya.

Yohanes mengatakan pelaksanaan ibadah Natal di Katedral Bogor berjalan aman dan tertib. Sekitar seribu jemaat mengikuti ibadah Natal hari ini.

Semangat Baru
Sementara itu, itu Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengajak seluruh umat Kristiani, pada momen Natal ini, senantiasa menabur kebaikan dan kasih sayang. Ini disampaikan Ma'ruf bersamaan dengan ucapan selamat merayakan Natal bagi seluruh umat Kristiani di Tanah Air.

"Bagi umat Kristiani di Tanah Air, saya ucapkan selamat merayakan Natal. Mari kita terus menabur kebaikan dan kasih yang menembus sekat-sekat perbedaan, agar kita menuai perdamaian dan persaudaraan yang makin erat," ujar Ma'ruf dalam keteranganya.

Ma'ruf juga mengajak seluruh umat untuk terus memperkuat kerukunan dan menjaga keutuhan bangsa dan negara. Begitu pula dalam menyongsong Tahun Baru 2023, Ma'ruf meminta seluruh bangsa bersemangat mengerjakan pembangunan di Indonesia

"Dengan senantiasa memupuk optimisme dan keyakinan akan hari esok yang lebih baik. Dengan pertolongan Tuhan Yang Maha Esa, niscaya ikhtiar dan kerja keras kita akan berbuah kesejahteraan yang berkeadilan bagi seluruh rakyat," katanya.

Dalam kesempatan itu, Ma'ruf pun mengingatkan untuk senantiasa menjaga protokol kesehatan selama periode Natal dan Tahun baru. "Tetaplah menjaga protokol kesehatan, termasuk dalam merayakan pergantian tahun ini, demi keselamatan kita bersama," ujarnya.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno juga menyampaikan Selamat Natal dan Tahun Baru 2023 kepada seluruh umat Kristiani. Pratikno mengajak, momentum Natal dan Tahun Baru 2023 menjadi semangat baru untuk memperkokoh tali persaudaraan bangsa.

"Mari kita songsong tahun 2023 ini dengan rasa optimis penuh harapan dan semangat baru untuk memperkokoh tali persaudaraan sesama anak bangsa, memanfaatkan kesempatan baru untuk mencapai Indonesia maju. Selamat Natal dan Tahun Baru 2023," ujarnya.

Editor: Surya