Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ucapkan Selamat Natal kepada Umat Nasrani, Menag: Tetap Jaga Toleransi dan Tidak Perlu Kuras Energi Ngomongin Politik
Oleh : Redaksi
Minggu | 25-12-2022 | 15:32 WIB
menag_gerejab.jpg Honda-Batam
Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas di komplek gereja Santo Yoseph Naikoten, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (24/12/2022) malam (Foto: istimewa)

BATAMTODAY.COM, Kupang - Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas, meminta agar umat Kristiani jangan terlalu menguras energi dan tenaga untuk bicara masalah politik seiring perayaan Natal 2022.

"Politik itu adalah bagian kecil dari dinamika di negeri ini, jadi saya berharap semua umat beragama terutama umat Kristiani yang hari ini merayakan malam Natal agar jangan terlalu banyak menguras energi untuk ngomongin soal politik," kata Yaqut di komplek gereja Santo Yoseph Naikoten, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (24/12/2022) malam.

Dia juga mengajak kepada seluruh umat beragama khususnya umat Kristiani untuk mencari seorang pemimpin nantinya harus yang bisa menghargai keragaman yang dimiliki bangsa Indonesia.

Oleh karena itu, lanjut Yaqut, Indonesia berdiri dengan adanya keragaman sehingga jangan sampai masyarakat salah memilih pemimpin ke depannya.

"Cari, kalau mau memilih pemimpin negeri ini, cari pemimpin yang benar-benar menghargai keragaman yang dimiliki negeri ini," tegas Yaqut.

Dia mengajak umat Kristiani pada perayaan natal ini untuk tetap menjaga kedamaian yang ada di Indonesia.

"Dengan beragama lebih baik, dengan meyakini keyakinannya lebih baik saya yakin (Indonesia damai) karena semua agama itu mengajarkan kasih sayang," ujarnya.

Yaqut juga berharap agar keragaman agama yang dimiliki bangsa Indonesia harus tetap dijaga toleransinya. Dan dalam perayaan natal ini agar umat Kristiani bisa memaknainya dengan baik.

Yaqut Cholil Qoumas berkunjung ke Kupang dan menghadiri perayaan malam natal di gereja Santo Yoseph Naikoten Kupang.

Kehadiran Yaqut disambut Uskup Agung Kupang, Mgr. Petrus Turang dan Pastor Paroki Jhon Rusae bersama ribuan umat katolik pada Sabtu (24/12/2022) malam sekitar pukul 19.30 Wita.

Kunjungan ke gereja Santo Yoseph tersebut dilakukan setelah umat Katolik melaksanakan misa malam Natal. Dalam kesempatan tersebut, Yaqut juga menyampaikan ucapan selamat Natal bagi seluruh umat Kristiani di Indonesia yang merayakan Natal.

Jaga Kerukunan dan Tolerasi

Dalam kesempatan itu, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas berpesan agar umat Nasrani yang sedang merayakan Natal agar tetap memelihara kerukunan dan toleransi demi Indonesia yang damai.

Pesan tersebut disampaikan Yaqut saat berpidato di depan ratusan umat Katolik di Gereja Santo Yoseph Naikoten Kupang usai pelaksanaan misa malam Natal Sabtu, (24/12/2022).

Menurut Yaqut umat Nasrani yang saat ini sedang merayakan Natal harus memelihara cinta kasih seperti yang diajarkan Yesus Kristus.

"Umat Nasrani, umat Katolik harus mengikuti ajaran yang disampaikan Yesus Kristus adalah cinta kasih," pesan Yaqut yang langsung mendapat aplaus dari jemaat.

Dia meyakini bahwa umat Nasrani dan umat Katolik akan tetap menjaga toleransi dan kerukunan umat beragama.

Dalam sambutannya juga Yaqut menyampaikan ucapan selamat Natal bagi umat Nasrani di seluruh Indonesia yang sedang merayakan Natal.

"Akhirnya saya sampaikan Selamat Natal buat seluruh umat Nasrani," ucap Yaqut.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas tiba di Gereja Santo Yoseph Naikoten Kupang pada pukul 19.30 Wita dan diterima oleh Uskup Agung Kupang, Mgr. Petrus Turang dan ribuan umat Katolik.

Editor: Surya