Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Begini Tips Aman Naik Motor di Dekat Bus dan Truk
Oleh : Redaksi
Selasa | 20-12-2022 | 16:53 WIB
berkendara-dekat-truk1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Sepanjang tahun ini, kecelakaan yang melibatkan kendaraan besar seperti bus dan truk banyak terjadi di Indonesia. Itulah mengapa, agar kejadian serupa tak terus-terusan terulang, kita dituntut berhati-hati dan tidak lengah saat berkendara.

Lalu, bagaimana tips aman naik motor di dekat bus dan truk?

Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana menjelaskan, pengendara motor sebaiknya tak melaju persis di depan bus atau truk. Jika situasi memaksa demikian, maka ada dua hal yang bisa dilakukan: tancap gas atau memberikan jalan kepada kendaraan besar tersebut.

"Hindari berkendara di depan bus dan truk. Kalau memang terpaksa, kurangi saja kecepatan kendaraan untuk memberinya jalan atau tancap gas untuk menjauh," ujar Sony, Sabtu (3/12/2022).

Saat ditanya mengenai radius aman berkendara di dekat bus dan truk, Sony tak bisa mengurainya lebih detail. Namun, agar tetap aman, usahakan jaraknya cukup jauh. Sebab, jika ada hal spontan terjadi, pengendara punya cukup waktu untuk membuat keputusan.

"Untuk batasan, nggak bisa jadi patokan karena manuvernya sering membahayakan atau seruntulan. Segera posisikan (kendaraan) dengan berjaga jarak," ungkapnya.

Terlepas itu semua, menurut Sony, mengendarai sepeda motor di dekat bus dan truk sejatinya punya banyak risiko. Jika tak mau jaga jarak, kecelakaan mungkin saja bisa terjadi.

"Berkendara di dekat kendaraan besar bahayanya memang tinggi. Pertama, blindspot-nya besar. Kedua, manuvernya butuh space. Ketiga, sering blong remnya. Keempat, mudah oleng. Lalu yang kelima, momentumnya besar kalau kecelakaan biasanya fatal," kata Sony.

Sumber: Detik.com
Editor: Yudha