Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Bamsoet Buka Jambore Nasional IMI 2022 di Bali
Oleh : Irawan
Minggu | 11-12-2022 | 17:04 WIB
bamsoet_imi_b1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo membuka Jambore IMI 2022 di Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama Ketua IMI Bali sekaligus Founder Krisna Holdiny Company Ajik Krisna membuka Jambore Nasional IMI 2022 di Krisna Oleh Oleh Bali Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali.

Hadir sekitar 10 ribu para pecinta dan komunitas otomotif dari berbagai daerah, termasuk para anggota IMI serta masyarakat Bali dan para turis lokal dan internasional yang sedang liburan di Bali.

"Ajik Krisna dan IMI Bali telah mengukir sejarah selama perjalanan 106 tahun IMI, dengan menjadi tuan rumah pertama Jambore Nasional IMI, yang dipusatkan di Krisna Oleh Oleh Bali Singaraja di Kabupaten Buleleng, yang merupakan tanah kelahiran Ajik Krisna," kata Bamsoet saat membuka Jambore Nasional IMI 2022, di Krisna Oleh Oleh Bali Singaraja, Jumat (9/12/2022).

Bamsoet menjelaskan, Jambore Nasional IMI bertujuan merekatkan ikatan soliditas para pecinta otomotif. "Sekaligus memberikan multiplier effect ekonomi yang besar bagi masyarakat Bali, khususnya di kawasan Bali Utara".

Turut hadir antar lain, Ketua IMI Bali Ajik Krisna, Anggota Komisi VI DPR RI Dapil Bali Gde Sumarjaya Linggih, Pangdam Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, Ketua DPRD Bali Adi Wiryatama, Penjabat Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana, Bupati Jembrana I Nengah Tamba, Pembina IMI Pusat sekaligus Wakapolri ke-8 Komjen Pol (purn) Nanan Soekarna serta Ketua KADIN Bali I Made Ariandi.

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, tidak hanya menjadi ajang kumpul-kumpul komunitas motor, mobil, para pegiat balap, dan perwakilan IMI Provinsi dari seluruh Indonesia, Jambore Nasional IMI 2022 juga dikemas dengan tema pesta rakyat.

Menyediakan berbagai hiburan dan atraksi menarik, sekaligus memberikan kesempatan kepada pelaku usaha UMKM lokal Bali agar bisa turut membangkitkan perekonomian setempat, khususnya kawasan Bali Utara yang pariwisatanya sangat terdampak selama pandemi.

"Jambore Nasional IMI 2022 juga menjadi media promosi yang efektif dalam membangkitkan pariwisata di kawasan Bali Utara. Mengingat selama ini turis hanya mengetahui Bali di sekitaran Kuta, Denpasar, Seminyak, Ubud, Kintamani, hingga Canggu," ujarnya.

Adapun, kawasan Bali Utara seperti Singaraja dan Buleleng pada umumnya hampir jarang tersentuh. "Dengan hadirnya para komunitas otomotif di Jambore Nasional IMI, mereka akan mengeksplorasi berbagai keindahan alam Bali Utara sekaligus mempromosikannya melalui media sosial mereka," kata Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini mengatakan, selain memanfaatkan hotel di kawasan Bali Utara, para peserta Jambore Nasional juga bisa memanfaatkan kawasan Krisna Watersport yang sudah disiapkan sebagai lokasi camping dan campervan.

Jambore Nasional IMI 2022 juga dimeriahkan berbagai kegiatan menarik, diantaranya automotive gathering, exhibitions, booth FB stalls, live music performances, DJ performance, photo hunt, fun games, creative contest, awarding night, hingga urban adventure.

Ada juga kegiatan slalom, drift, drag race, fun offroad, road race, motocross, drag bike, wisata rally, car contest, motor contest, freestyle contest, vintage car gathering, rock offroad, classic motor gathering, big bike gathering, rally wisata motor, adventure trail, serta adventure offroad.

"Artis lokal dan nasional yang terlibat antara lain, Indro Warkop, band GIGI, Mahalini, DJ Vie Christ, DJ Chintya, The Elevator, Bagus Wirata, Gus Agung Feat Suci Siren, dan The Hydrant," kata Bamsoet.

Termasuk juga melibatkan berbagai komunitas sanggar seni dan budaya. "Membuktikan bahwa kegiatan otomotif juga bisa memajukan pariwisata sebagai roda penggerak ekonomi rakyat, sekaligus memajukan seni dan budaya bangsa," ujar Bamsoet.

Editor: Surya