Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hari Armada ke-77, Lanal Tbk Gelar Seminar Wawasan Kebangsaan Masyarakat Pesisir
Oleh : Freddy
Kamis | 01-12-2022 | 19:10 WIB
wawasan-kebangsaan-Tbk1.jpg Honda-Batam
Kegiatan seminar wawasan kebangsaan Lanal Tbk. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Dalam Rangka Memperingati Hari Armada ke-77 Tahun 2022, Pangkalan TNI Angkatan Laut Tanjung Balai Karimun (Lanal TBK) menggelar kegiatan Seminar Wawasan Kebangsaan warga pesisir Pulau Moro, Tanjung Batu Pulau Kundur, dan Pulau Buru mulai Rabu (21/11/2022) hingga Kamis (1/12/2022).

Dalam kegiatan tersebut menghadirkan narasumber Palaksa Lanal TBK Mayor Laut (H) P. Panjaitan dan Kabid Bina Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa Kesbangpol Pemkab Karimun Sugiono.

Danlanal TBK yang diwakili Palaksa Mayor Laut (H) P. Panjaitan mengatakan, materi yang disampaikan terkait dengan pengenalan wilayah-wilayah kerja Lanal TBK dan implementasi wilayah pertahanan. Sedangkan materi yang disampaikan dari Kesbangpol terkait wawasan kebangsaan dan juga bela negara.

"Tujuan kegiatan ini untuk menyamakan persepsi dan cara pandang bagaimana kita berbangsa dan bernegara dalam wawasan kebangsaan. Harapannya, agar masyarakat pesisir semakin mempunyai jiwa Patriotisme sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945," ucap Mayor Panjaitan.

Sementara, Sugiono mengatakan, sangat menyambut baik dan apresiasi terhadap Lanal TBK yang telah melaksanakan kegiatan seminar wawasan kebangsaan terhadap warga pesisir di Kabupaten Karimun.

"Wawasan kebangsaan yang kita berikan untuk mengantisipasi segala permasalahan yang terjadi seperti medsos dan sebagainya. Sehingga kita perlu hadir di tengah-tengah masyarakat," ungkapnya.

Ia menjelaskan, materi wawasan kebangsaan yang disampaikan kepada masyarakat baik itu Pancasila, UUD 1945 agar bagaimana masyarakat bisa mengerti dan memahami serta bisa mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

"Kegiatan ini sebenarnya sudah lama karena menjadi tupoksi daripada Kesbangpol, dalam rangka membangun dan menumbuhkan semangat jiwa patriotisme sebagai bangsa Indonesia. Kita akui bahwa terjadi kemunduran nilai-nilai bangsa, sehingga perlu sekali kita hadir di tengah-tengah masyarakat untuk mengenalkan 4 pilar kebangsaan," terang Sugiono.

Sementara, Camat Pulau Buru Muhammad Rahendra menyampaikan menyabut baik kegiatan yang dilaksanakan Lanal TBK bersama Kesbangpol Pemkab. Karimun. "Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk pemuda dan pemudi di Kecamatan Buru," ujarnya.

Untuk menuju lokasi Pulau Moro, Pulau Kundur dan Pulau Buru warga Pesisir, Lanal TBK menggunakan sarana KAL. PELAWAN I-4-67 dan Speed boart Patkamla Posal jajaran Lanal TBK.

Editor: Yudha