Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sempat Viral di Medsos Diduga Pelaku Penculikan Siswa SMP

Polsek Sagulung Tangkap Komplotan Pencuri, Dua Pelaku Ditembak
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 29-11-2022 | 11:58 WIB
dua-bolong.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Dua dari tiga pelaku pencurian yang sudah ditangkap Polsek Sagulung. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Polsek Sagulung bergerak cepat menanggapi laporan masyarakat terkait pelaku penculikan anak di lingkungan sekolah yang santer beredar di media sosial beberapa waktu yang lalu. Berdasarkan laporan dari masyarakat tersebut, Polsek Sagulung akhirnya membekuk tiga dari empat pelaku pada Minggu (27/11/2022).

Ketiga pelaku tersebut adalah Rifi Imanuel (26); Ahmad Fadilah (27) dan Ilham Wahyu (23). Rifi dan Ahmad, dua dari tiga pelaku terpaksa dihadiahi timas panas karena mencoba kabur dan melawan saat ditangkap.

Kapolsek Sagulung, Iptu Nyoman Ananta Mahendra, menjelaskan setelah melakukan penyelidikan, ketiga pelaku ini bukan pelaku penculikan melainkan pelaku pencurian. Mereka membawa dua orang siswa hanya untuk mengambil ponsel kedua korban.

"Dari awal laporan masuk ke Polsek itu kasus pencurian sebenarnya, cuman mereka sempat membawa kedua korban jadi santer diinformasikan penculikan," ujar Iptu Nyoman, Selasa (29/11/2022).

Dijelaskan Nyoman, saat kejadian, keempat pelaku yang mengendarai mobil Toyota Calya warna Putih, tiba-tiba memaksa kedua korban untuk ikut mereka saat berada di kawasan pertokoan Tunas Regency, Sei Binti, Sagulung. Korban ini siswa SMP yang sedang berjalan pulang dari sekolah. Kedua korban dibawa dan diturunkan paksa di dekat Pasar Aviari, Batuaji setelah merampas ponsel kedua korban.

"Para korban selamat. Mereka diturunkan di kawasan Aviari Batuaji," ujar Nyoman.

Setelah kejadian, orangtua kedua korban langsung melapor ke Mapolsek Sagulung dan berdasarkan keterangan saksi dan penyelidikan di lokasi kejadian akhirnya Polisi mendapat informasi tentang identitas para pelaku. Polisi pertama menangkap Rifi dan Ahmad Fadilah di dekat Perumahan Paradise Batuaji. Ilham, pelaku lainnya dibekuk di wilayah perkebunan Marina.

"Satu orang pelaku masih dalam pencarian berinisial NK," ujar Nyoman.

Dengan penangkapan ketiga pelaku pencurian ini, Nyoman menyampaikan informasi penculikan yang beredar di media sosial tidak benar. Pelaku membawa korban agar aman mengambil barang berharga korban di dalam mobil.

Namun demikian Nyoman tetap mengimbau agar masyarakat tetap waspada dengan aktivitas anak di luar jam sekolah.

Editor: Gokli