Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dewi Ansar Tekankan Arti Kejujuran dan Toleransi di SMAN 1 Bintan Utara
Oleh : Redaksi
Selasa | 15-11-2022 | 11:36 WIB
dewi-kejujuran.jpg Honda-Batam
Ketua TP-PKK Provinsi Kepulauan Riau, Hj Dewi Kumalasari Ansar saat menjadi pembina upacara bendera di SMAN 1 Bintan Utara, Senin (14/11/2022). (Diskominfo Kepri)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Ketua TP-PKK Provinsi Kepulauan Riau, Hj Dewi Kumalasari Ansar menyampaikan kepada para pelajar di Kabupaten Bintan, sebagai generasi penerus bangsa harus menanamkan nilai kejujuran.

Hal itu disampaikan saat menjadi pembina upacara Bendera Hari Senin di SMAN 1 Bintan Utara, Senin (14/11/2022) pagi. Dewi Ansar mencontohkan, pelajar jangan bangga pada saat mendapat nilai bagus, tetapi hasil mencontek, namun berbanggalah ketika mendapat nilai rendah dengan hasil usaha sendiri.

"Jika kebiasaan buruk tersebut ditanamkan akan membentuk karakter yang buruk nantinya," tegas Dewi Ansar, demikian dikutip laman Diskominfo Kepri.

Ketua Komisi IV DPRD Kepri ini juga menyampaikan, sebagai generasi penerus di Kabupaten Bintan, para pelajar harus menanamkan sikap tenggang rasa, pelajar harus saling menghargai dan menghormati teman yang berbeda keyakinan, karena Indonesia terbentuk dari hasil perjuangan berbagai suku, agama dan ras. "Jangan pernah lupakan semboyan Bhinneka Tunggal Ika," pesannya.

Lanjutnya, pelajar harus mempergunakan waktu dengan bijak, artinya di sela-sela waktu yang luang di rumah, pergunakan dengan hal-hal yang lebih berguna untuk mengasah keahlian, misalnya mengedit video, belajar main gitar, listening dan menggambar. Mamfaatkan smartphone yang dimiliki untuk mengembangkan keahlian.

Dikatakan Dewi Ansar, penajar harus membiasakan untuk 'Think before You Act' artinya berpikir terlebih dahulu sebelum melakukan tindakan saat kalian ingin membagikan sesuatu di media sosial. "Jadilah generasi pengguna sosial yang cerdas dan bijaksana dalam menggunakannya," imbuhnya.

Tak lupa, Dewi Ansar juga menekankan satu hal yang sangat penting kepada siswa/siswi SMAN 1 Bintan Utara, yaitu hormatilah orang tua dan guru di sekolah karena tanpa mereka pelajar bukan apa apa. "Karena orang tua dan guru kalian lah jalan menuju kesuksesan kalian ke depannya," ucapnya.

Terakhir, Dewi Ansar berpesan jadilah generasi Kabupaten Bintan yang menanamkan sifat pejuang dalam diri kalian masing-masing. "Jangan merasa pintar, jago dan hebat tetapi pintar-pintarlah merasakanya, Insya Allah jika adek adek sekalian bisa menerapkan apa yang ibu pesan kalian akan lebih muda untuk menggapai cita-cita dan bermanfaat buat orang banyak," tutupnya.

Editor: Gokli