Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Disinyalir Ilegal, Mikol Rio Cocktail Mendadak 'Mengilang' di THM dan Pujasera Kota Batam
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Kamis | 10-11-2022 | 19:16 WIB
mikol-rio11.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Minuman beralkohol merk Rio Coctail. (Putra/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Setelah beredar luas di hampir seluruh Tempat Hiburan Malam (THM) bahkan di Pujasera Kota Batam, kini minuman beralkohol Rio Cocktail hilang dari peredaran.

Pantauan disejumlah THM dan Pujasera Kota Batam, Rio Cocktail sudah tidak lagi diperjualbelikan dengan berbagai alasan, mulai dari stock yang habis hingga berdalih tidak adanya penjualan item minuman beralkohol Rio Cocktail.

"Lagi kosong malam ini Rio Cocktail mas, gak tau kenapa," kata Sales Promotion Girl (SPG) Rio Cocktail di salah satu Pujasera Kota Batam, Rabu (10/11/2022).

Rio Cocktail sendiri merupakan minuman beralkohol yang berasal dari China. Kemasan pada botol yang minuman ini seluruhnya bertulisan China, bahkan tidak memiliki label SNI.

Dari pelusuran BATAMTODAY.COM, minuman ini juga tidak terdaftar di layanan BPOM. Bahkan dari informasi A1 yang didapati, minuman beralkohol Rio Cocktail ini masuk ke Kota Batam secara ilegal melalui Pelabuhan Batu Ampar.

Meski begitu, hingga saat ini, ketika dikonfirmasi Bea Cukai Batam belum mau memberikan keterangan lebih detail terkait beredar luasnya mikol ilegal tersebut.

"Kami akan melakukan penelitian terkait produk ini, serta melakukan pengecekan apakah sudah ada izin impor atau belum," kata Kepala Seksi Layanan Informasi Bea Cukai Batam, Ricky Hanafie, Senin (7/11/2022).

Meski demikian, Ricky juga mengakui bahwa pihaknya belum menemukan minuman tersebut saat melakukan pengecekan ke lapangan.

"Tim sudah turun ke salah satu tempat hiburan yang menyedikan minuman tersebut, tapi kata mereka tidak ada. Apakah lagi kosong atau disembunyikan, kita masih mendalami," tutupnya.

Editor: Yudha