Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jelang Lebaran, Penjualan Kendaraan Bermotor Meningkat
Oleh : ocep
Kamis | 09-08-2012 | 17:08 WIB

BATAM, batamtoday - Penjualan kendaraan bermotor di Kota Batam menjelang Lebaran ini mengalami peningkatan yang berarti.


Untuk penjualan motor, terjadi tren peningkatan penjualan yang signifikan dalam dua bulan terakhir, atau pada Juni dan Juli hingga minggu kedua Agustus.

"Tingkat penjualan kami meningkat hingga 80% dalam dua bulan terakhir," ungkap Tigor Simatupang, Supervisor Promosi PT Graha Yamaha Batam.

Selain penerapan sistem kredit berbasis syariah, peningkatan yang terjadi juga diyakininya dipengaruhi suasana menjelang lebaran.

Suasana menjelang Lebaran dinilai masyarakat menjadi saat yang tepat untuk membeli kendaraan karena memiliki daya beli yang lebih baik dengan adanya tunjangan hari raya (THR) dan sumber pendapatan lain seperti pertambahan keuntungan bagi mereka yang berniaga.

Malah tingkat penjualan itu menurutnya masih lebih rendah dibandingkan tahun lalu karena suasana Lebaran berdekatan dengan tahun ajaran baru.

"Tahun ini lebaran tidak terlalu jauh jaraknya dengan tahun ajaran baru sehingga masyarakat banyak yang menahan atau mengeluarkan uangnya untuk biaya sekolah anak ketimbang membeli kendaraan seperti motor," jelasnya.

Fuad syakir, Administration Head PT Daya Nugerah Mandiri juga mengatakan pihaknya mencatat tren peningkatan penjualan motor menjelang Lebaran ini.

"Walaupun jumlah unit yang terjual masih relatif stabil dibandingkan bulan-bulan lalu, tapi trennya meningkat," ujarnya.

Adapun untuk mobil, diketahui tingkat penjualan juga mengalami peningkatan yang lebih baik.

Sejumlah diler mobil berskala besar di Batam seperti PT One Auto Indonesia dan PT CBU World mengaku terjadi peningkatan jumlah penjualan.

"Ada peningkatan penjualan antara 30% sampai 40% dalam beberapa bulan terakhir sampai menjelang Lebaran ini," ujar Yanto, Manager Operasional PT One Auto Indonesia.

Beberapa bulan terakhir, diler mobil ini berhasil menjual rata-rata 20 unit mobil per hari dari berbagai merek.

Sedangkan Hendri Kee, Manager Marketing PT CBU World mengatakan pihaknya berhasil menjual rata-rata 8-9 unit mobil setiap harinya.

"Penjualan kami menjelang Lebaran ini relatif stabil bahkan ada sedikit peningkatan," ujarnya.