Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Banyak Kasus ISPA, Kapus Botania Minta Masyarakat Lebih Menjaga Kesehatan
Oleh : Aldy Daeng
Senin | 07-11-2022 | 10:13 WIB
pasien_ispa-sei-panas-001122.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Suasana pasien di Puskesmas Botania 1, Senin (7/11/2022). (Foto: Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dalam seminggu terahir, banyak ditemui masyarakat Batam yang mengalami keluhan demam, pilek dan gangguan pernafasan. Hal ini juga terlihat dari padatnya masyarakat yang berkunjung ke Puskesmas Botania 1, untuk memeriksakan kesehatan terkait keluhan tersebut.

Kepala Puskesmas (Kapus) Botania, dr Hary menyampaikan, beberapa hari terakhir ini, keluhan masyarakat didominasi demam, batuk, pilek (ISPA). Namun, hingga saat ini, apa yang dibutuhkan masyarakat terkait pelayanan kesehatan, khususnya di puskesmas Botania masih bisa tertangani.

"Kebanyakan keluhannya ISPA, memang ramai masyarakat yang ke sini. Kami tetap memberikan pelayanan yang maksimal, dan tentunya tetap melakukan Prokes atau wajib memakai masker," kata dr Hary, Senin (7/11/2022).

Dr Hary melanjutkan, selain masyarakat yang ingin berobat, sejumlah aktivis pelayanan masyarakat yang harus berkunjung ke Puskesmas Botania juga ada yang mengambil surat keterangan sehat dan surat keterangan lainnya.

"Memang kebanyakan yang bertobat, yang mengurus administrasi atau surat keterangan juga ada. Untuk kesehatan bersama, kami tetap imbau kepada masyarakat agar tetap memakai masker di kawasan puskesmas," ujarnya.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat, agar lebih menjaga kesehatan. "Istirahat yang cukup serta makan dengan makanan yg bergizi dan seimbang. Terutama buah dan sayur sebagai anti oksidan untuk meningkatkan imun," imbuhnya.

Sementara dokter umum yang berjaga, dr Fikra Nurul, membenarkan banyaknya kasus ISPA, akan tetapi masih terbilang normal dan tidak ada yang sampai dirawat inap.

"Memang lagi musim, batuk,pilek, dan pernafasan, ada yang sampai 4 hari. Namun tidak sampai di obname, masih terhitung normal. Kami Tim medis juga mengalami hal yang demikian, gantian sakit," ungkap dr Fikra.

Editor: Dardani