Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tekan Harga, Pemko Batam Gelar Operasi Pasar
Oleh : ocep
Selasa | 07-08-2012 | 12:44 WIB

BATAM, batamtoday - Meskipun kenaikan harga dinilai belum mengkhawatirkan namun pemerintah kota tetap menggelar operasi pasar guna menjaga stabilitas harga bahan pokok di Batam menjelang Lebaran.


"Pemerintah Kota Batam sudah menggelar beberapa kali operasi pasar. Hari ini juga ada dan dua kali lagi menjelang Lebaran," ujar Ahmad Hijazi, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan (Disperiindag) dan ESDM Kota Batam, Selasa (7/8/2012).

Menurut dia, masyarakat Kota Batam tidak perlu merasa khawatir akan terjadi lonjakan harga bahan pokok yang sangat drastis menjelang Lebaran.

Hal itu karena pemeriintah kota sudah memiliki mekanisme khusus untuk menjaga stabilitas harga.

Yakni dengan melakukan pengawasan secara sistemik melalui monitoring stok di daerah ini dan monitoring stok di daerah pemasok.

"Selain itu kami juga selalu mengawasi harga di masing-masing tingkat perdagangan, baik itu di tingkat pemasok dari daerah asal hingga tingkat yang terakhir, di pedagang," sambungnya.

Karena itu, pemerintah kota diyakininya akan selalu mengetahui tren kenaikan harga secara aktual.

Sehingga bila terjadi kenaikan harga yang drastis maka pemerintah kota dapat mengeluarkan instrumen yang tepat untuk mengatasinya seperti dengan melakukan operasi pasar.