Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Berikut Program TV Paling Populer Ramadhan Tahun ini Menurut AC Nielsen
Oleh : Redaksi/Tab.Bintang
Selasa | 07-08-2012 | 11:29 WIB
TV Ramadhan.jpg Honda-Batam
Ilustrasi: Pemirsa TV 

JAKARTA, batamtoday - Berbeda dengan bulan lainnya, setiap Ramadhan iklan secara berderet memadati slot jelang dan setelah tayangan adzan Maghrib.


Karena tidak mungkin mengomersialkan adzan Maghrib (pernah dilakukan beberapa TV lalu ditegur KPI—red), stasiun TV menayangkan kultum atau siraman rohani singkat jelang waktu berbuka puasa.

Durasinya paling laman hanya belasan menit, namun cukup ampuh untuk menyerap penonton, mengingat umat Islam di Jakarta dan sekitarnya menantikan adzan Maghrib berkumandang.

Berdasarkan data kepemirsaan Nielsen (ALL) pada Selasa (31/7), terlihat 2 program religi milik MNCTV mengungguli program sejenis lainnya. Mutiara Ramadhan menempati posisi 4 dengan TVR 5,4 dan share 22,5; disusul Anak Shaleh di peringkat 5 dengan TVR 5,1 dan share 22,8.

Kultum Mutiara Ramadan merupakan sebuah sketsa 3 menit menjelang buka puasa, yang diperankan antara lain oleh Ali "Limau". Adapun Kultum Anak Sholeh, sama sekali tidak menggurui namun memberi contoh langsung. Kehadirannya membuat anak-anak dapat menikmati kultum karena dikemas dengan bahasa yang dapat dimengerti. Menghadirkan Ustadz Al Habsy, Gentar dan Cecil.

Gelap Terang (RCTI), sketsa yang menampilkan contoh buruk dan baik yang diperagakan Gelap (Vicky Nitinegoro) dan Terang (Ustadz Subkhi) tampil sebagai runner up untuk tayangan sejenis, dengan posisi 20, TVR 2,8 dan share 12,9.

Acara Mengetuk Pintu Hati (SCTV), yang menampilkan sketsa 2-3 menit dilanjutkan ceramah dari M. Quraish Shihab menjadi urutan ketiga untuk acara kategori sama. Menempati peringkat 21 dengan TVR 2,8 dan share 11,6.

Sedikit berbeda dengan stasiun TV lain, Trans 7 menayangkan Kuis Rejeki Ramadhan Sasa mulai pukul 17.50 hingga 18.10 WIB. Acara yang dipandu chef cantik Aiko Sarwosri dan Fadli ini menduduki posisi 36 dengan TVR 2,3 dan share 9,3.

Trans TV yang memilih Ustadz Maulana untuk program Kultum, menduduki peringkat 64 dengan TVR 1,5 dan share 6,9. Menyusul Jalan Hikmah (Indosiar) yang menampilkan Ustadz Sholeh Mahmud alias Ustadz Solmed, di peringkat 66 dengan TVR 1,4 dan share 6,1.

Well, mungkin Anda punya pendapat lain. Ustadz yang ceramahnya Anda sukai, siraman rohaninya malah tak terlalu tinggi. Faktor ustadz pemberi ceramah tidak mutlak menentukan tingginya rating. Sinetron yang tayang di antara program ceramah ini juga ikut andil menentukan rating.

Si Alif (MNCTV) menjadi acara tertinggi di slot pukul 17.00-18.00 WIB, demikian juga Tendangan Si Madun season 2 (MNCTV) yang menjadi jawara di slot pukul 18.00-19.00 WIB. Tak heran jika siraman rohani milik MNCTV ikut terdongkrak ratingnya.