Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Orang Tua Pembuang Bayi di Perumahan Genta I Masih Dicari Polsek Batuaji
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 28-09-2022 | 13:33 WIB
Kompol-Guchy.jpg Honda-Batam
Kapolsek Batuaji, Kompol Restia Octane Guchy. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Polsek Batuaji masih terus melacak pelaku yang tega membuang bayi laki-laki yang baru lahir di Perumahan Genta I, Kelurahan Buliang pada Jumat (23/9/2022) lalu. Meskipun belum mendapat petunjuk yang berarti, Polisi masih terus bekerja.

Kapolsek Batuaji, Kompol Restia Octane Guchy, menuturkan pemeriksaan data ibu yang melahirkan di rumah sakit ataupun klinik sudah berjalan maksimal namun belum ada data yang cocok. Begitu juga dengan upaya koordinasi dengan perangkat RT/RW belum ada laporan yang mencurigakan.

"CCTv di berbagai titik juga sudah kita periksa. Saksi di TKP termasuk penghuni kos-kosan juga sudah diperiksa, tetapi belum ada titik terang. Anggota masih terus berkerja," kata Guchy, Rabu (28/9/2022).

Selain melacak pelaku pembuang bayi, Polisi juga tetap fokus dengan penanganan bayi lelaki tersebut. Bayi yang saat ditemukan dengan berat badan 2,9 kilogram itu kini dalam kondisi sehat. Bayi lelaki itu sudah di tangan orang yang tepat, yakni orangtua asuh yang telah mengajukan permohonan adopsi.

"Untuk bayi sudah dirawat sama orangtua asuhnya. Prosedur pengajuan adopsi sudah lengkap sehingga pengadopsi tadi sudah bisa bawa bayi tersebut," kata Guchy.

Untuk orang yang mengadopsi bayi tersebut, sebut Guchy sudah memenuhi persyaratan dan kriteria yang ditentukan untuk mengadopsi anak. Selain mampu secara finansial untuk membesarkan sang anak, pemohon juga sudah memenuhi persyaratan administrasi lainnya mulai dari surat permohonan di atas materai, persetujuan dari kepolisian, bidan yang menangani awal bayi tersebut ditemukan serta perangkat RT/RW setempat.

"Tak ada masalah yang penting bayi itu sekarang di tangan yang tepat. Kita akan tetap pantau," katanya.

Editor: Gokli