Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Serukan Kebebasan Beragama, Candra Malik Luncurkan Album Religi
Oleh : Redaksi
Sabtu | 04-08-2012 | 11:35 WIB
Candra_Malik.jpg Honda-Batam
Candra Malik, foto:Radioshow prntsc

JAKARTA, batamtoday - Ramadhan tahun ini, Candra Malik merilis album religi bertajuk Samudera Cinta. Dengan didukung 13 musisi terkenal, lelaki yang mengaku penganut Sufi tersebut melantunkan tembang 'lintas agama'. 


Ide pembuatan album itu sendiri merupakan hasil perenungan bahwa kebebasan beragama sama pentingnya dengan menganut satu agama, seperti kata Al Qu'ran. Islam tidak boleh memaksakan sesuatu.
 
"Saya ingin berteriak tentang kebebasan, tentang Lakum Dinukum Waliyadin, tentang penegasan pilihan agamaku dan agamamu,"kata Candra dalam konsernya di Radio Show dini hari tadi, Sabtu(4/8/2012).

Jejeran musisi yang turut serta merampungkan album ‘Samudera Cinta’ adalah Anji yang menemani Candra pada lagu “Fatwa Rindu” dan “Syahadat Cinta”, Dewa Budjana pada “Jiwa yang Tenang”, Idris Sardi duet pada “Kidung Sufi (Sifat 20)”, Kill the DJ dari Jogja Hiphop Foundation dan Heru vokalis Shaggydog pada “Samudera Debu” yang berwarna reggae dan sudah memiliki video klip, Addie MS sebagai pianis pada “Shirathal Mustaqim”, serta John Paul Ivan mantan gitaris Boomerang pada “Syahadat Cinta".

Dalam album tersebut, Candra ingin menegaskan bahwa musik itu universal. Musik tidak memiliki agama. Karena itu, musik bisa dibawa kemana saja dengan agama apa saja dan aliran musik apa saja. 

"Dalam lirik-liriknya saya ingin menyerukan bahwa kebebasan beragama itu penting, album saya bukan untuk Islam saja tapi semua manusia," katanya. 

Hingga sejauh ini, Candra sudah melakukan tur keliling Jawa dan Bali. Uniknya, promo albu tersebut bukan hanya dilakukan di acara-acara resmi kalangan muslim, melainkan di sejumlah gereja. 

"Bahkan minggu ini saja ada jadwal di salah satu gereja di Surabaya," kata Candra.