Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini Kelebihan dan Kekurangan Servis Motor di Bengkel Umum Pinggir Jalan
Oleh : Redaksi
Senin | 29-08-2022 | 19:37 WIB
honda-service1.jpg Honda-Batam
Ilustrasi service motor di bengkel resmi. (Dok BTD)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Konsumen pengguna sepeda motor tidak melulu harus melakukan perawatan berkala maupun membeli suku cadang di bengkel resmi.

Pilihan lain, yakni dapat melakukan servis di bengkel umum pinggir jalan. Namun dalam melakukan perawatan kendaraan di bengkel umum, ada kelebihan dan kekurangan tersendiri. Berikut ini uraiannya.

Kelebihan
1. Harga jasa maupun suku cadang perawatan bengkel umum pinggir jalan relatif lebih terjangkau. Maka tidak heran, banyak dari pengguna kendaraan yang berlari ke bengkel umum usai garansi kendaraan baru mereka habis.

2. Anda berkesempatan melakukan nego dengan pemilik bengkel secara langsung, apalagi harga yang harus dibayar untuk perbaikan saat itu jumlahnya tidak sedikit.

3. Sebagai pemilik Anda dapat mengamati pengerjaan sepeda motor secara penuh. Sebab, area tunggu bengkel umum, biasanya akan bercampur dengan ruang bengkel.

4. Bengkel umum biasnya akan lebih mudah diakses, sebab, bisa saja bengkel resmi yang sesuai dengan merek kendaraan tidak jauh dari domisili Anda.

5. Anda dapat memilih teknisi di bengkel umum yang mungkin dapat diajak bekerjasama untuk mengakali komponen agar bisa digunakan lagi ketimbang langsung diganti.

Kekurangan
1. Ketersediaan suku cadang asli terbatas di bengkel resmi. Namun jika Anda mengincar barang imitasi yang mengutamakan harga terjangkau, hal itu tak akan masalah. Maka dari itu jangan heran jika harga untuk bengkel umum relatif lebih terjangkau.

2. Area tunggu bengkel umum tak memadai. Biasanya ruang tunggu bengkel umum memang tidak senyaman bengkel resmi. Ruang tunggu cenderung kotor karena tidak punya standarisasi dan kerap bercampur dengan area pengerjaan perbaikan kendaraan.

3. Bengkel umum tidak selalu spesifik dalam melayani satu merek. Bengkel yang biasanya dimiliki perorangan ini akan melayani berbagai merek.

4. Peralatan yang digunakan para mekanik bengkel umum akan relatif sederhana dibandingkan dengan bengkel resmi.

5. Jangan harap Anda dapat melihat para montir rapih lengkap dengan seragam. Sebab semua teknisi dari bengkel umum akan menggunakan baju bebas.

Tapi yang soal keahlian dari masing-masing teknisi baik bengkel resmi maupun bengkel umum tergantung dari kemampuan teknisinya. Tinggal bagaimana selera dan kemampuan Anda dalam memilih bengkel untuk melakukan perawatan sepeda motor.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha