Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rayakan Lebaran, Kedatangan TKI Mencapai 100 Ribu
Oleh : Ocep/Dodo
Rabu | 01-08-2012 | 17:28 WIB

BATAM, batamtoday - Badan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) memperkirakan jumlah TKI yang akan kembali ke tanah air merayakan Lebaran akan mencapai 100 ribu orang.


"Jumlah TKI yang akan pulang ke tanah air menjelang lebaran sekitar 100 ribu," ujarnya usai memberikan kuliah umum di Universitas Internasional Batam, Rabu (1/8/2012).

Jumlah itu meningkat dua kali lipat dibandingkan bulan-bulan biasa yang hanya sekitar 50 ribu orang kedatangan TKI, baik habis kontrak, dideportasi maupun kembali bertugas di Indonesia.

Dari perkiraan jumlah itu, lanjut Jumhur, 60 ribu orang diantaranya akan pulang melalui Jakarta, sedangkan sisanya pulang langsung ke daerah asal masing-masing.

Meskipun jumlah kedatangan meningkat dua kali lipat, namun BNP2TKI katanya tidak khawatir TKI akan mengalami kesulitan sampai di daerah asalnya.

Karena sekarang ini sudah banyak bandara di Indonesia yang melayani penerbangan internasional, termasuk lewat Bandara Hang Nadim Batam.

"Kalau dulu cuma bisa melalui Bandara Soekarno Hatta atau Halim tapi sekarang sudah bisa di bandara-bandara di daerah lain sehingga tidak menumpuk lagi di Jakarta," katanya.

Untuk di Jakarta, BNP2TKI sendiri menyediakan angkutan darat khusus untuk para TKI yang berasal dari Jawa.

Namun untuk di luar Jawa, angkutan khusus itu belum disediakan karena jumlahnya tidak terlalu besar dan kebanyakan dijemput pihak keluarga.