Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PDIP dan Nasdem Sepakat Jajaki Kerjasama untuk Pemilu 2024
Oleh : Irawan
Senin | 22-08-2022 | 14:53 WIB
puan_surya_palohb.jpg Honda-Batam
Ketua DPP PDIP Puan Maharani bertemu dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di Nasdem Tower, Senin (22/8/2022) (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - PDIP dan NasDem akan saling menjajaki kerja sama satu sama lain jelang Pemilu 2024. Hal itu disampaikan Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh usai bertemu selama dua jam dengan di NasDem Tower, Jakarta, Senin (22/8/2022).

Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengatakan penjajakan kedua partai ini diharapkan bisa berjalan secara konkret untuk membangun Indonesia ke depannya.

"Kami akan menjajaki sehingga Insya Allah kerja sama antara dua parpol ini dapat berjalan secara konkrit dalam menjalankan cita-cita Bung Karno ke depan," ungkap Puan.

Tak hanya itu, Puan menyatakan PDIP dan NasDem bersepakat menjalin sinergi dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh jelang Pemilu 2024 mendatang. Baginya, pertemuan hari ini bukan jadi pertemuan terakhir.

"Bagaimana membangun bangsa dan negara bersama dan menjalin komunikasi dan sinergi menuju Pemilu 2024 sehingga persatuan dan kesatuan dapat terus terjaga," ucap Puan.

Di sisi lain, Puan menyebut pertemuan dengan Surya Paloh ibarat seorang keponakan sedang dijamu oleh pamannya. Ia lantas mengucapkan terima kasih atas sambutan Surya Paloh terhadap kehadirannya.

"Ini bukan hanya pertemuan antar partai politik, PDIP dan NasDem, tapi seorang senior, seorang orang tua, seorang om yang menjamu ponakannya," kata dia.

Hal senada disampaikan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. Menurutnya, pertemuan tersebut menjadi upaya keduanya untuk menyongsong pemilihan umum (Pemilu) 2024 dengan optimistis.

"Semuanya ingin mempersiapkan menyongsong Pemilu 2024 dengan suasana optimisme dan membangun kesadaran masyarakat yang semakin matang, untuk menjaga proses demokrasi itu agar pemilihan bisa berlangsung tenang," ujar Surya Paloh.

Surya mengatakan, Partai Nasdem dan PDIP adalah dua partai politik yang memiliki ideologi nasionalis. Hal tersebut semakin membuat keduanya sadar bahwa perjalanan bangsa Indonesia sangat ditentukan oleh rasa nasionalisme.

"Rasa nasionalisme untuk bisa mempertahankan posisi dan peran eksistensinya, tidak hanya untuk satu dua kali pemilu ke depan, tapi sepanjang masa kehidupan bangsa Indonesia," ujar Surya.

Meski pertemuan tersebut turut membahas Pemilu 2024, keduanya turut membahas hal-hal yang berkaitan dengan kebangsaan.

Menurutnya, komunikasi terkait koalisi masihlah sangat dinamis dan peluang dengan partai politik manapun masih sangat terbuka.

"Saya katakan dinamis itu artinya, mengutip kembali pepatah lama kuno Inggris, dari gelas ke bibir banyak hal yang akan terjadi," ujar Surya.

Sebagai informasi, Puan tengah melakukan safari politik ke pelbagai partai politik. Hal ini merupakan salah satu amanat dari Rakernas PDIP yang digelar Juni 2022 lalu.

PDIP berencana membuka komunikasi dengan partai lain menjelang Pemilu 2024. PDIP lantas menugaskan Puan untuk memimpin rombongan PDIP dalam safari politik tersebut.

Editor: Surya