Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Selamat, 46 Mahasiswa FK UNIBA Jalani Yudisium dan Sumpah Dokter
Oleh : Aldy Daeng
Jum\'at | 12-08-2022 | 08:04 WIB
A-FK-UNIBA-YUDISIUM_jpg2.jpg Honda-Batam
Para mahasiswa FK UNIBA seusai menjalani yudisium dan pengambilan sumpah dokter 46 mahasiswa FK UNIBA, dan Pengawas Yayasan Universitas Batam, Indrayani. (Foto: Daeng/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 46 mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Batam (UNIBA) mengikuti yudisium dan pengambilan sumpah dokter di Gedung Rumengan Hall UNIBA, Batam Centre, Kamis, (11/8/2022).

Dekan FK UNIBA Ibrahim mengatakan, FK UNIBA didirikan tahun 2008, kemudian pada tahun 2015 telah menghasilkan lulusan dokter. FK UNIBA telah tiga kali terakreditasi dan tahun ini mendapat predikat unggul atau Akreditasi A. Ke 46 wisudawan tersebut merupakan lulusan ujian pada Mei 2022 lalu.

"Sebelumnya, pada tahun 2012 FK UNIBA terakreditasi C atau baik lalu pada tahun 2017 baik sekali. Dan, tahun 2022 ini mendapat predikat unggul. Artinya, kita sudah sama dengan fakultas kedokteran kampus negeri ternama di Indonesia," kata Ibrahim.

Ibrahim melanjutkan, akreditasi ini, mengantarkan FK UNIBA menjadi satu-satunya kampus swasta dengan predikat tersebut di wilayah LLDIKTI X. Diseluruh kota yang ada di Sumatera, hanya dua fakultas kedokteran yang terakreditasi A. Selain UNIBA kota Batam, kampus satunya lagi terletak di kota Medan Sumatera Utara.

Salah satu keuntungan dengan akreditasi sangat baik tersebut, dengan demikian, FK UNIBA dapat membuka program studi dokter spesialis.

"Di momen yudisium hari ini, kami berterimakasih Walikota Batam yang berkesempatan hadir. Tadi beliau sudah paparkan perihal pengembangan Batam, kami siap bersinergi dari sisi pendidikannya," jelas Ibrahim.

Sementara itu, Pengawas Yayasan Universitas Batam, Indrayani mengatakan, FK UNIBA adalah satu-satunya yang ada di Provinsi Kepulauan Riau. Saat ini sudah memperoleh akreditasi A atau unggul dari 4 Provinsi se-Sumatera.

"Uniba sudah memperoleh akreditasi A atau ungggul dari 4 Provinsi se-Sumatera. Yakni, Sumbar, Jambi, Riau, dan Kepri di L2Dikti wilayah 10 di Sumatera ada 2, satu di Medan dan di kita (Batam)," sebut Indayani.

Dengan demikian, UNIBA telah bersiap menyediakan program Kedokteran Spesialis. Pihaknya juga menrencanakan program yang paling diminati masyarakat Batam khususnya.

Selain itu, kampus ini merupakan satu-satunya yang menyediakan program S3. Dengan dukungan dari pemerintah provinsi maupun kota, diharapkan universitas ini menjadi kebanggaan masyarakat dan aset Provinsi Kepri.

"Untuk dokter akreditasi A, profesi juga A. Kedua program studi ini juga A. Kalau program spesialis merencanakan apa yang paling diminati. Setelah kita lepaskan 1 tahun lanjut ke intensif untuk mendapatkan SIP. Mendapat tugas diberbagai daerah. Mereka bersaing untuk lulus dengan sejumlah dokter se-Indonesia," jelasnya.

Kepada 46 orang dokter yang dilantik pada kesempatan tersebut, Wali Kota Batam Muhammad Rudi turut menyampaikah tahniah. Ia berharap, kelak mereka menjadi kebanggaan UNIBA juga Batam pada umumnya.

"Mudahan mereka yang disumpah hari ini menjadi contoh, menjadi duta kedokteran yang membawa nama baik UNIBA juga Kota Batam," kata Rudi.

Rudi melanjutkan, seluruh sektor potensial di Batam sedang gencar-gencarnya dikembangkan. Menurutnya, sektor ini seyogyanya berkaitan. Untuk itu, sebagai Kepala BP Batam, hal ini turut mengembangkan sektor kesehatan. Salah satunya dengan mengembangkan KEK Kesehatan di Sekupang.

"Kedepan, saya ingin Batam juga dikenal dengan sektor kesehatannya yang modern," harap Rudi.

Editor: Dardani