Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

St Harel Paro Panjaitan Berpulang, Gereja HKI Daerah X Kepri Berduka
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Kamis | 04-08-2022 | 08:04 WIB
A-JENAZAH-PARO-PANJAITAN.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Pendeta, kerabat dan para sahabat saat ibadah pelepasan jenazah St. Paro Panjaitan di Gereja HKI Resort Khusus Bengkong Indah. (Foto: Putra/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kabar duka menyelimuti Huria Kristen Indonesia (HKI) Daerah X Kepri, Rabu (3/8/2022). Kabar duka merebak setelah St. Harel Paro Panjaitan dinyatakan berpulang ke rumah Bapa di Sorga.

Pendiri Yayasan Pendidikan HKI Resort Khusus Bengkong Indah ini tutup usia, usai menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam, Sekupang.

St. Harel Paro Panjaitan mengeluh sakit di bagian jantung, lalu dilarikan ke RSBP Batam pada Selasa (2/8/2022), setelah dirujuk dari RS Elisabeth Batam Centre, dan lansung menjalani perawatan intensif di rumah sakit milik BP Batam itu.

Akan tetapi, 'Bapa' tampaknya sangat menyayangi St. Harel Paro Panjaitan, dan memanggilnya untuk 'kembali' ke pelukan-Nya. St. Harel Paro Panjaitan menghembuskan nafas terakhirnya pukul 01.00 WIB, Rabu (3/8/2022) dini hari.

Jenazah St. HP, sapaan akrabnya, disemayamkan di Gereja HKI Resort Khusus Bengkong Indah, sebelum diberangkatkan pagi ini ke kampung halaman untuk dimakamkan.

Acara ibadah pelepasan almarhum diwarnai isak tangis ratusan pelayat, baik dari keluarga, kerabat dan handai taulan. Kepergian St. HP tentunya meninggalkan duka mendalam --dan banyak kenangan indah-- bagi keluarga dan juga HKI Daerah X Kepri.

Harel Paro merupakan tokoh yang memprakarsai berdirinya HKI di Kota Batam dan Kepri. Semasa hidupnya, tenaga dan pikirannya banyak didekasihkan untuk membesarkan Gereja HKI di Kepri, antara lain HKI Resort Batuaji Baru, Batuaji Baru, Tanjung Piayu, Teluk Bakau dan HKI Resot Bengkong Abadi.

Pria kelahiran Sipahutar, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumut, 12 September 1965 itu merupakan orang yang santun dan selalu menjadi panutan di lingkungannya. St. HP meninggalkan istri tercintanya Duma Siahaan dan 3 putri. Paro Panjaitan juga baru saja dianugerahi 1 cucu dari putri keduanya.

CEO BATAMTODAY.COM, Fransiskus Nainggolan, yang datang untuk melayat di Gereja HKI Resort Khusus Bengkong Indah, menyampaikan duka mendalam atas berpulangnya St. Harel Paro Panjaitan.

"Selamat jalan bapak gembala yang baik, semua mencintaimu. Terima kasih untuk nasihat-nasihatmu, terima kasih untuk pelayananmu yang luar biasa semasa hidup. Terima kasih memenangkan banyak jiwa, terima kasih untuk segalanya," ujar Frans Nainggolan.

"Selamat jalan Sintua HP. Biarlah suatu hari kelak kita semua bisa kembali bertemu di rumah Bapa di surga, amin," tutupnya.

Editor: Dardani