Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Stadion Lebak Bulus Dibongkar, Lahan Pengganti Belum Pasti
Oleh : Surya
Kamis | 17-02-2011 | 18:08 WIB

Jakarta, batamtoday - Stadion Lebak Bulus dipastikan akan dibongkar pada akhir tahun 2011 ini, dan lokasi pengganti nantinya diperkirakan akan berada diantara lokasi di Jalan TB Simatupang dan Jalan Ampera, namun demikian untuk hal ini belum ada kepastian.

Ini adalah kehilangan stadion kedua yang dialami warga Jakarta. Beberapa tahun lalu stadion Menteng, Jakarta Pusat juga dibongkar dan dijadikan Mall, sedangkan pembongkaran stadion Lebak Bulus yang menjadi base camp Persija. rencananya untuk pemibangunan MRT (Mass Rapid Transit).

Pembangunan stadion pengganti nantinya direncanakan berjalan simultan dengan pembangunan depo dan stasiun Mass Rapid Transit (MRT) yang mulai dilakukan pada 2012.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadisorda) DKI Jakarta, Ratiyono, Kamis 17 Februari 2011, di Balaikota, Jakarta.

“Akhir tahun ini action-nya akan dilakukan,” ungkap Ratiyono.

Lebih lanjut Ratiyono menjelaskan, bahwa rencana pembangunan stadion pengganti akan dilakukan di antara lokasi seperti di Jalan TB Simatupang dan Jalan Ampera.

“Kami masih lakukan kajian pada lokasi-lokasi itu,” tambahnya.

Sementara itu, proses pembangunan juga akan simultan dengan pembangunan stasiun MRT.

“Kalau sudah ada tanah, kita akan rencanakan dan lalu kita bangun. Kalau tahun ini MRT misalnya dimajukan dan sudah dimulai, kegiatan akan dipindah ke GOR Ciracas selama kami membangun stadion yang baru,” ujarnya.

Tidak hanya stadion, nasib Terminal Lebak Bulus pun juga akan terkena proyek pembebasan lahan untuk pembangunan MRT koridor Selatan-Utara tahap I dengan rute Lebak Bulus-Bundaran HI sepanjang 15,2 kilometer dengan 13 stasiun, yaitu 7 stasiun layang dan 6 stasiun bawah tanah.

Pemprov DKI sendiri menargetkan MRT mulai beroperasi pada akhir 2016.