Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Amankah Memegang Behel atau Handle Belakang Motor Saat Berkendara?
Oleh : Irwan Hirzal
Jum\'at | 29-07-2022 | 10:52 WIB
berboncengan_yang-aman-01.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Posisi aman berboncengan pada sepeda motor. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Masih sering kita lihat para penumpang sepeda motor memegang handle belakang dari sepeda motornya ketika berkendara, apakah hal tersebut aman? Nah, berikut pembahas secara tuntas terkait hal tersebut.

Pertama sekali sudah menjadi hal wajib diketahui terkait kapasitas penumpang dari sepeda motor adalah hanya 1 orang saja, artinya setiap sepeda motor hanya dapat dinaiki maksimal 2 orang termasuk pengendaranya.

Ada 7 hal pada postur tubuh kita saat berkendara yang mesti diperhatikan dan diposisikan dengan tepat ketika berkendara yaitu kepala, pundak, sikut, tangan, pinggul, lutut dan kaki. Sementara untuk penumpang yang dibonceng sendiri hampir sama dengan pemboncengnya, namun ada 3 hal yang perlu disesuaikan kembali sebagai penumpang yaitu tangan, lutut, dan kaki.

Tangan memegang erat pemboncengnya, lalu posisi lutut menjepit secara ringan pembonceng, dan posisi kaki tentunya berpijak pada pijakan kaki atau foot step pada kursi penumpang, dengan begitu penumpang sepeda motor dapat menyelaraskan pergerakan dari sepeda motor.

Kemudian terkait berpegangan pada rail rear grab atau behel pegangan belakang motor saat dibonceng tidak disarankan karena beresiko. Sebab, bagian motor tersebut adalah sebagai alat bantu saat memposisikan motor dalam kondisi parkir bukan untuk sebagai pegangan saat dibonceng.

"Nah, jika penumpang memposisikan tangannya di bagian tersebut akan menyulitkan penumpang untuk menyelaraskan pergerakan dari sepeda motor sehingga juga akan membuat pengendara lebih sulit mengontrol sepeda motornya, misal pada saat bermanuver maupun saat akselerasi dan deselerasi, bahayanya terutama bagi penumpang bisa berpotensi terjatuh, genggamannya dapat terlepas karena tidak berpegangan pada titik yang tepat tadi serta kenyamanan juga akan terganggu," ujar Christofer Valentino, Instruktur Capella Honda Kepri alias PT Capella Dinamik Nusantara wilayah Kepulauan Riau, Jumat (29/7/2022).

Dari sharing ini tentunya dapat kita simpulkan, apakah berpegangan pada handle atau behel belakng sepeda motor itu aman atau tidak? Tentunya tidak disarankan dan malah berpotensi bahaya bagi kita. Dan perlu dibiasakan untuk selalu memperhatikan postur saat berkendara dan berboncengan seperti yang sudah disampaikan di atas agar berkendara kita semakin aman dan nyaman layaknya tagline Safety Ridingnya sepeda motor Honda yaitu #Cari_Aman Saat Saik Motor.

Editor: Gokli