Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jelang Lebaran Harga Sembako Dinilai Masih Wajar
Oleh : Harjo/Dodo
Senin | 30-07-2012 | 16:47 WIB

TANJUNGUBAN, batamtoday – Agusnawarman, Kepala Dinas UKM Disprindag Kabupaten Bintan, mengatakan lonjakan harga sembako menjelang perayaan hari raya Idul fitri 1433 Hijriah dinilainya masih wajar.

 
“Dari hasil pantauan sejumlah pasar yang ada di Bintan, sampai sjeuah ini memang ada kenaikan pada kebutuhan Sembako. Namun kenaikan tersebut masih batas wajar dan normal menjelang perayaan Idul Fitri harga selalu melambung,” katanya.

Namun kata Agusnawarman yang juga mantan Sekretaris Dewan Bintan, mengatakan sejauh ini yang mengalami kenaikkan harga di luar sembako adalah sayur-sayuran. Hal tersebut dampak dari kebutuhan sayuran di wilayah kepri masih didatangkan dari daerah lain, sehingga berpengaruh terhadap harga sayuran di pasar. 

“Kalau harga sayuran naiknya signifikan tentu sangat wajar, karena sejuan ini kebutuhan sayuran masih didatangkan dari luar, yang secara otomatis harganya tinggi,” imbuhnya.

Agusnawarman menghimbau kepada seluruh pedagang untuk tidak memaksakan menaikkan harga kebutuhan masyarakat menjelang lebaran ini. 

“Kita berharap agar pedagang tidak memaksakan untuk menaikkan harga atau terlalu mengejar keuntungan. Karena sangat diharapkan adanya saling membantu antara masyarakat satu dengan lainnya,” tambahnya.

Di sisi lain, Agus juga berharap agar masyarakat bisa memamfaatkan lahan yang masih kosong di sekitar lingkungan, agar kedepan kebutuhan seperti sayuran tidak terlalu bergantung dengan daerah lain. Karena hal tersebut yang membuat harga di pasar tidak terkendali.